Bekali Dai Keterampilan Keuangan, Begini Upaya Jatman

 
Bekali Dai Keterampilan Keuangan, Begini Upaya Jatman

LADUNI.ID, Jakarta – Menjadi manusia memang harus menunjukan hubungannya dengan Allah SWT diiringi ketakwaan. Dan manusia juga harus berperan aktif mengaplikasikan keyakinan dengan mencipta keadilan sosial di lingkungannya. 

Ungkapan tersebut disampaikan Mudir Aam Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman), KH Wahfiudin Sakam saat membuka workshop Internet & Financial Literacy di Hotel Gren Alia, Cikini, Jakarta, Sabtu (8/12).

“Para pendakwah dan pimpinan majelis taklim memiliki peranan sangat penting dalam mengubah pola pikir umat dan masyarakat,” terangnya. Di antaranya untuk menjadikan mereka cerdas, mandiri dan makmur, lanjutnya.

Menurutnya, manusia merupakan abdun atau hamba yang dicipta untuk beribadah. “Beribadah tidak sebatas menyibukkan diri dalam urusan ritual belaka tapi mengembangkan semua anugerah dan potensi dari Allah untuk lebih dimanfaatkan bagi kemakmuran umat dan bangsa,” jelas Kiai Wahfiudin.

Selain itu, ia juga melanjutkan bahwa kemakmuran di antara umat tidak akan diraih apabila para pendakwah tidak memulai dari dirinya sendiri, "Pendakwah harus bergerak memahami permasalahan keuangan dan perekonomian hingga menunjukan keberaniannya dalam berinvestasi,” urainya.

Pada kesempatan yang sama, Ustadz Saepuloh selaku panitia penyelenggara menyatakan kegiatan yang diikuti pendakwah dan penulis ini akan berlangsung selama dua hari,

"Mereka diberi berbagai materi terkait pembelajaran investasi dan metodelogi dakwah ramah di era milenial dengan memanfaatkan fasilitas teknologi,” terang Ustadz Saepul.

Adapun workshop terselenggara atas kerja sama Jatman, Minna Padi Aset Manajemen, dan Djalaluddin Pane Foundation Jakarta, serta Jaringan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah.