Tahu Siapa Pemegang Saham Tokopedia? Ini Daftarnya

 
Tahu Siapa Pemegang Saham Tokopedia? Ini Daftarnya

LADUNI.ID,Jakarta - Tokopedia, startup unicorn asal Indonesia, banyak menarik perhatian publik, salah satunya adalah pertanayaan umum siapa pemegang saham di e-commerce tersebut ?, baca lebih lanjut.

Informasi yang dilansir dari KrAsia pada Selasa (11/12), dari dokumen hukum yang menunjukkan struktur perusahaan, lengkap dengan pemegang sahamnya, terungkap bahwa SoftBank sebagai penyuntik dana terbesar dalam pendanaan terakhir Tokopedia.

Perusahaan asal Jepang itu menyuntikkan lebih dari USD 3 juta melalui dua sumber dana yang berbeda dengan total hampir 40% dipegangnya. Selain SoftBank, ada juga Beenos, Global Opportunity PE Fund, dan TG18 Holdings Limited yang terdaftar dalam investor e-commerce yang identik dengan warna hijau tersebut.

Saham terbesar SoftBank di Tokopedia dipegang oleh SVF Investment Limited yaitu 29%, yang terhubung dengan Vision Fund milik SoftBank. 

Investor lain yang tak kalah besar kepemilikan sahamnya di Tokopedia adalah Alibaba, yang menyuntikkan dana melalui Taobao China Holding, dengan jumlah saham 25% diikuti oleh Radiant Pioneer LImited sekitar 12,26% dan Sequoia dengan saham 9.67%.

Sementara pemegang saham individual terbesar Tokopedia adalah William Tanuwijaya, CEO sekaligus co-founder Tokopedia yang mempunyai saham 5,6%, dan vice chairman dan juga co-founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, yang punya saham sekitar 2,3%. Kedua orang ini juga tercatat sebagai ketua dewan direksi Tokopedia, yaitu William sebagai chairman, dan Leontinus sebagai vice chairman.

Berbeda dengan Go-Jek, yang dewan direksinya diisi oleh rekan CEO Nadiem Makarim, susunan dewan direksi Tokopedia diisi oleh sejumlah petinggi yang mempunyai hubungan dengan para investor Tokopedia. Mereka antara lain adalah Eun Woo Lee dan Lydia Bly Jett dari SoftBank, Shailendra Singh dari Sequoia Capital India, dan co-founder sekaligus pendiri Alibaba Group Joseph Tsai.

Dewan komisaris Tokopedia sendiri dipimpin oleh mantan managing partner SoftBank Capital Kabir Misra.