Ini Suara Angin di Mars yang Berhasil Direkam InSight

 
Ini Suara Angin di Mars yang Berhasil Direkam InSight

Laduni.id, Jakarta - Robot InSight yang baru saja mendarat di Mars berhasil merekam suara angin berhembus yang pertama kali dapat didengarkan manusia, dengan sensor InSight bunyi angin dapat ditangkap dan dikirimkan ke Bumi.

Dilansir CNN, NASA, pembuat InSight, mengumumkan keberhasilannya merekam suara angin di Mars, yang merupakan kejutan karena tidak direncanakan NASA.

"Sensor InSight menangkap gemuruh rendah menakutkan yang disebabkan getaran dari angin, diperkirakan kecepatannya antara 5 sampai 7 meter per detik pada 1 Desember, dari arah utara ke selatan," kata lembaga antariksa Amerika Serikat itu.

Suara angin tersebut, berhasil direkam oleh sensor tekanan udara dan seismometer yang terpasang di robot canggih InSight dan telah di unggah ke situs video Youtube dan Twitter resmi NASA.

"Menangkap audio ini adalah kejutan yang tak terencana. Tapi misi kami memang didekasikan untuk mengukur gerakan di Mars dan secara natural termasuk gerakan yang disebabkan oleh gelombang suara," papar Bruce Banerdt, salah satu tim pengendali InSight.

InSight telah berhasil mendarat di permukaan Mars pada 26 November lalu. Ia direncanakan berada di Mars selama 2 tahun dengan misi mengungkap asal mula pembentukan Planet Mars.

InSight dilengkapi dua sensor canggih. Pertama, seismometer buatan Prancis untuk merekam getaran sangat kecil sekalipun, baik berupa gempa atau meteor jatuh. Kedua adalah bor buatan Jerman yang digunakan untuk mengukur aliran panas di Mars. Bor ini dapat menembus tanah sedalam 5 meter.