Perkembangan Manusia Pralahir

 
Perkembangan Manusia Pralahir

LADUNI.ID -  Sebagai kelanjutan dari pengkajian Tafsir Al-Qur'an di Masjid al-Jamaah Pontianak Jumat malam mengenai Menanamkan Nilai Pendidikan Agama kepada Anak Sejak Dini, maka malam ini membahas perkembangan manusia yang meliputi: Pralahir, Pascalahir, dan Perkembangan Indera Anak. Menanamkan nilai pendidikan terhadap anak perlu disesuaikan dengan masa perkembangannya.

Perkembangan anak pralahir dijelaskan oleh Al-Qur'an surat al-Mu'minun ayat 12-14 melalui 5 fase: 
1. Fase an-Nutfah (sperma)
2. Fase al-'Alaqah (proses pertemuan sperma dan ovum yang membentuk struktur baru namanya zygote di dalam dinding rahim. Melekat atau menempel di dinding rahim inilah yang disebut 'Alaqah. 
3. Fase al-Mudghah (segumpal daging, mulai masa pembentukan organ-organ atau alat tubuh lainnya).
4. Fase al-'Izham (tulang belulang dibalut dengan otot-otot. masa pembentukan organ tubuh dengan tulang belulang menuju kesempurnaannya. 
5. Fase al-Lahm (masa ini mulai terbentuk hubungan sistem saraf dengan organ-organ dan otot-otot dan jantung juga sudah mulai berdenyut. Masa ini bentuk janin sudah lengkap. 
Pada saat inilah, Allah mengutus malaikat meniupkan ruh pada janin serta mencatatkan 4 perkara; rezekinya, ajalnya, amalnya, serta bahagia atau celaka baginya. (HR. Bukhari).

Ketika proses ini sedang berlangsung, nilai-nilai pendidikan agama sudah selayaknya ditanamkan kepadanya oleh kedua orang tuanya dan orang lain, misalnya dengan seringkali memperdengarkan bacaan al-Qur'an, kata-kata yang baik, perilaku yang baik, melihat dan memandang yang baik-baik dan indah. Semuanya akan berpengaruh pada perkembabgan janin. 
Subhanallah, Maha Suci kemukjizatan al-Qur'an ini sudah dibuktikan kebenarannya oleh para ilmuwan modern melalui ilmu Embriologi. 
Wallahu A'lamu.

Oleh: Dr. Wajidi Sayadi, M.Ag

Dosen Ilmu Hadist IAIN Pontianak