LFNI Jombang Terbitkan Buku Hisab Rukyat

 
LFNI Jombang Terbitkan Buku Hisab Rukyat

LADUNI.ID, Jombang - Sebuah buku yang berisi seputar ilmu hisab dan rukyatPengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Jawa Timur. Buku tersebut belakangan diketahui sudah terbit dan siap menyapa masyarakat yang hendak belajar ilmu hisab dan rukyat atau ilmu falak.

Dalam hal ini, Ketua PC LFNU Jombang, Moh Mujazun menjelaskan bahwa buku tersebut disusun dari kumpulan-kumpulan materi kaderisasi hisab dan rukyat selama satu tahun LFNU menyelenggarakan kegiatan kaderisasi itu. Beberapa materi tersebut kemudian dipilah dan dirangkum menjadi buku yang cukup bisa dijadikan bahan belajar ilmu falak.

"Buku itu merupakan materi kaderisasi selama satu tahun, kami rangkum menjadi sebuah buku kecil mungil, semoga manfaat," tuturnya, seperti dilansir dari laman NU Online, Kamis (13/12).

Bukan hanya itu, ia juga memaparkan bahwa meski nampak seperti buku saku, namun di dalam buku tersebut terdapat pedoman lengkap antara teori dan praktik sebagaimana sub tema-tema yang diulas. Seperti hisab arah kiblat, penentuan masuk waktu shalat, juga penentuan awal bulan qomariyah.

"Kita sertakan pedoman lengkap, misalnya tentang teori dan praktik hisab arah kiblat, waktu shalat dan awal bulan qomariyah," terang Mujazun.

Buku tersebut pertama kalo dikenalkan kepada para siswa-siswi Madrasah Diniyah (Madin) Mambaul Maarif, Denanyar Jombang saat menggelar Diklat Hisab Rukyah, Rabu (12/12) kemarin di kawasan Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar.

"Diklat itu juga sekaligus mengenalkan buku hisab rukyat dasar yang berhasil disusun oleh PC LFNU Jombang sebagai panduan dasar kaderisasi hisab rukyat," pingkasnya.