Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Ingin Bisa Bergaul, Bagaimana Caranya?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Ingin Bisa Bergaul, Bagaimana Caranya?

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Saya Farida, 16 tahun dan masih kelas 2 SMA. Mbak, saya orangnya susah untuk bergaul dan pemalu, sehingga tidak mempunyai banyak teman. Gimana ya mbak, biar bisa cepat bergaul ?
Terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Haloo Farida… kamu memiliki permasalahan yang sama persis seperti mbak Nur waktu remaja dan mungkin juga banyak remaja seusiamu mempunyai permasalahan yang sama. Pernah nggak dibilang sombong karena diem aja waktu berkumpul dengan teman – teman ? Padahal yang sebenarnya terjadi adalah kita tidak tahu harus memulai pembicaraan dari mana dan bagaimana menanggapi pembicaraan teman-teman.
Yuk kita bahas satu persatu tips bagaimana agar bisa bergaul berikut ini :
 

1. Ciptakanlah kesan yang baik dan menyenangkan
Saat bertemu orang baru, kamu bisa menciptakan kesan yang baik, karena kesan pertama ini akan menentukan kelanjutan hubungan kita dengan orang lain. Kamu bisa memberikan kesan yang baik dengan tersenyum, bersikap ramah, bertutur kata yang baik, memperhatikan lawan bicara dan selalu berpakaian yang baik dan sopan.
 

2. Pahami orang lain
Berusahalah untuk memahami orang lain dengan cara mencoba menempatkan dirimu pada posisi mereka. Buatlah temanmu nyaman dengan dirimu dengan menjadi dirimu sendiri. Selalu sampaikan terima kasih untuk menunjukkan respek kita pada mereka. Begitu pula meminta maaf saat melakukan kesalahan, hal ini menunjukkan ketulusan kita.
 

3. Jadilah pendengar yang baik
Dengarkan cerita lawan bicaramu, jika perlu bantulah dengan memberikan solusi atas permasalahan yang mungkin dihadapi.
 

4. Ikut aktivitas yang sesuai passionmu dan melibatkan banyak orang.
Aktivitas sesuai passion berbeda dengan hobi. Passion bisa diartikan dengan hasrat dan memberikan semangat. Hobi bisa menjadi passion ketika dilakukan dengan bersemangat, penuh totalitas dan bisa menghasilkan. Misalnya kamu memiliki hobi menggambar, berkumpullah dengan orang yang memiliki hobi menggambar. Kamu tidak hanya akan memperoleh banyak pengetahuan gratis dari komunitasmu, namun juga meningkatkan kemampuanmu dalam bergaul.

Baca juga: Sistem kebut semalam, efektif atau tidak?
 

5. No Baper
Setiap orang memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Ada yang pendiam dan ada yang ceplas ceplos. Pahami perkataan dan sikap orang lain, sebelum kamu baper. Mungkin dia hanya becanda tanpa bermaksud menyinggung. Jika sedikit-sedikit kamu baper, bisa membuat orang berjarak denganmu. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu belajar mengendalikan diri dan emosimu.

Lakukan tips-tips di atas dalam keseharianmu, secara bertahap akan membuatmu menjadi pribadi yang mudah bergaul dan menyenangkan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Semoga bermanfaat

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun