Begini Tujuan Bela Negara Run 2018 yang Digelar Kemhan

Begini Tujuan Bela Negara Run 2018 yang Digelar Kemhan

LADUNI.ID, Jakarta - Melalui Direktorat Jendral Potensi Pertahanan (Pothan), Kementerian Pertahanan akan menggelar Bela Negara Run (BNR) 2018, Ahad (16/12) besok.

BNR merupakan rangkaian kegiatan Hari Bela Negara yang jatuh tanggal 19 Desember setiap tahunnya dan rencananya akan dibuka oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu.

Menurut pemaparan Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si kepada wartawan, Jumat (14/12), BNR 2018 yang dikemas dengan suasana sporty, fun, dan edukatif ini akan mengambil start dan finish di kantor Kementerian Pertahanan RI di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

"Pesertanya diperkirakan 2500 dengan melibatkan berbagai stakeholders dari kementerian/lembaga, Pemerintah Provinsi serta pelajar dari berbagai tingkat pendidikan di seluruh Indonesia," terang Bondan.

Adapun olahraga atletik ini, merupakan kegiatan yang menunjukkan sikap disiplin, sportif, kerja keras dan sikap optimis untuk mencapai prestasi. Sikap ini merupakan cerminan nilai-nilai Bela Negara dan diwujudkan dalam keinginan jiwa peserta untuk mencapai garis finish.

Sementara itu, kategori yang dilombakan adalah tingkat pelajar dan umum dengan jarak tempuh 5 km serta TNI/Polri dan umum dengan jarak tempuh 12 km. Selain besarnya hadiah dan doorprizeyang disiapkan dalam pertandingan ini, Kementerian Pertahanan juga mengadakan Athletic Kids Exibition Free untuk semua cabang.

Setelah BNR selesai, hari itu Kemhan juga akan memberikan lima anugerah Bela Negara kepada sejumlah stakeholder yang secara konsisten menunjukkan kegiatan dan keberpihakan atau kecintaannya kepada Indonesia sesuai profesi masing-masing.

Di samping itu, Penghargaan Bela Negara akan diberikan kepada korporasi, media massa, perguruan tinggi (kampus), warga negara senior yang diwujudkan dalam profesinya dan kalangan milenial.

Yang dimaksud dengan kalangan milenial merupakan masa depan Indonesia dan pemimpin Indonesia di masa depan. Indonesia di masa depan tergantung dari kualitas milenial sekarang ini. Rasa persatuan dan kesatuan bangsa ini juga tergantung dari rasa cinta dan rasa bela negara kalangan milenal terhadap Indonesia.

Dalam rangkaian peringatan Hari Bela Negara 2018, juga diadakan lomba flog dan meme tentang Bela Negara. Dari 72 submission flog dan dan 139 meme yang masuk ke meja redaksi, didapat 5 (lima) nominator terbaik. Semua nominator akan hadir saat Penganugerahan Bela Negara 2018.

Bela Negara Run 2018 ini bukan hanya merupakan ajang mengenalkan gaya hidup sehat, tapi juga interaksi sosial, adventure dan menumbuhkan semangat bela negara. Selain itu agar konsep penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara juga tersosialisasi sejak dini mulai dari pendidikan dasar hingga ke dewasa. (Sumber: Times Indonesia)