Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur

Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur

Profil
Pesantren Az-Ziyadah dalam perkembangannya berawal dari pengajian sistem halaqah yang berpusat di masjid Al-Husna pada tahun 1948, pada awalnya fokus pengajarannya adalah membaca dan menulis saja, yaitu kegiatan pengajian al-Qur’an dan kitab kuning secara tradisional (dengan sistem bandongan atau weton dan sorogan) yang mengkaji tentang ilmu-ilmu agama yaitu tafsir, hadist, fiqih dan bahasa Arab. Hingga pada tahun 1971, ketika gedung madrasah dan bangunan asrama santri berdiri permanent, sistem pendidikannya mulai menggunakan sistem klasikal sehingga jumlah santrinya mencapai 6.600 orang. Mereka itu murid dari tingkat ibtidaiyah sampai aliyah (Yayasan Pondok Pesantren Az-Ziyadah, 2013).
 

Pendidikan
1. MTs
2. MA
3. STAIZA
 

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, aula, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer,  gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola,  pengembangan jurnalistik dan publisistik, Ketrampilan hidup/usaha
 

Alamat
Jl. Madrasah Tanah 80 No.01 Klender Duren Sawit Jakarta Timur Kode Pos: 13470


 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren




Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur