Awas, Ini Daftar HP Baru Dengan Radiasi Tinggi

Awas, Ini Daftar HP Baru Dengan Radiasi Tinggi

Laduni.id, Jakarta – Ketergantungan masyarakat modern akan sebuah handphone atau HP kini semakin tinggi, seiring peningkatan kemampuan dari handphone yang berubah menjadi smartphone menjadikan ketergantungan dan keterikatan antara hp dan pemiliknya menjadi sulit dilepaskan.

Handphone menggunakan pancaran gelombang untuk berkomunikasi. Radiasi dari gelombang tersebut disinyalir dapat memicu kanker dan ganguan kesehatan lainnya, hal ini diperparah dengan jumlah pengguna semakin besar dan intensitas pemakaian yang semakin tinggi.

Selain kanker, gangguan kesehatan yang mungkin sudah kita dengar mulai dari gangguan fungsi otak, kerusakan DNA, dan gangguan psikologis.

Baru-baru ini, Moneycontrol merilis beberapa daftar smartphone dengan radiasi tinggi yang berasal dari Kantor Federal Jerman untuk Proteksi Radiasi atau Bundesamt für Strahlenschutz.

Ponsel milik vendor China, Xiaomi Mi A1 menduduki posisi teratas dalam daftar ponsel dengan radiasi tertinggi. Kemudian disusul dengan OnePlus 5T. Menariknya, ponsel dari Huawei menempati daftar paling banyak. Bahkan, lima tempat berikutnya diambil oleh ponsel dari Huawei yang mencakup model seperti P9 Plus, P9 dan Mate 9.

Daftar Ponsel

 

Mengejutkannya, ponsel premium milik Apple seperti iPhone 7 dan iPhone 8 juga terlihat dalam daftar 15 besar yang disusun oleh Statista. Radiasi yang dipancarkan oleh perangkat elektronik diukur dalam tingkat penyerapan spesifik atau nilai SAR yang pada gilirannya diukur dalam watt per kilogram.

Meskipun tidak ada pedoman universal untuk tingkat radiasi ponsel yang aman, sertifikasi Jerman untuk keramahan lingkungan hanya mengesahkan ponsel yang memiliki tingkat penyerapan spesifik kurang dari 0,60 watt per kilogram. Semua ponsel yang masuk dalam 15 daftar dengan radiasi tertinggi memiliki lebih dari dua kali lipat tolok ukur ini.

Di sisi lain, adapun daftar ponsel dengan radiasi terendah. Di antara smartphone populer, yang menciptakan tingkat radiasi terendah adalah Samsung Galaxy Note 8. Faktanya, fitur handset Samsung menonjol dalam daftar ini, dengan setengah dari sepuluh teratas berasal dari perusahaan asal Korea Selatan. Ini sangat kontras dengan saingan utamanya Apple.

Daftar Ponsel Radiasi Rendah