Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang

Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang

Profil
Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin adalah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1912 oleh Kyai Syarifuddin. Awalnya pondok pesantren ini bernama "Tashilul Mubtadi'in". Kemudian untuk mengabadikan nama pendirinya, oleh para penerus, pengasuh, dan para alumninya, pondok pesantren ini diubah namanya menjadi Pondok Pesantren "Kyai Syarifuddin". Pesantren ini beralamat di Desa   Wonorejo RT 15  RW 06 Kec. Kedungjajang   Kab. Lumajang  67358.

Dalam kegiatannya berupa pengajian kitab kuning dengan metode khas pondok pesantren, yaitu menggunakan sistem kuliah umum (wetonan/bandongan) dan sistem individual (sorogan). Pelaksanaan pengajian bandongan di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin ditangani pengurus dan dibina langsung oleh pengasuh/kyai dengan menempati lokasi yang luas misalnya masjid dan diikuti oleh seluruh santri senior serta masyarakat umum.  Sedangkan pengajian sorogan terutama diikuti oleh santri-santri senior dengan cara mengajukan dan membaca sendiri kitabnya di hadapan kyai, kemudian kyai melayaninya dengan cara menyimak, mentashih, dan memperbaikinya jika terdapat kekurang sempurnaan makna dan bacaan. Demikian seterusnya berjalan secara bergantian sesuai dengan waktu yang telah disediakan.

Dalam pelaksanaannya, aktivitas pendidikan dan pembelajaran sistem ini relatif lancar walaupun tanpa peraturan yang ketat dan job deskripsi yang jelas. Hal ini dapat dimaklumi karena bagi setiap santri di pondok pesantren pada umumnya sosok kyai merupakan sentral figur yang sangat ditunggu berkah ilmu dari pengajiannya. Di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin pada saat ini, kegiatan pengajian tersebut disajikan oleh KH. Sulahak Syarif dan KH. M. Adnan Syarif, Lc,. M.A. Para santri yang mengikuti pengajian ini adalah terutama santri-santri senior yang sudah lancar dan lama mondok di pondok pesantren Kyai Syarifuddin.

Pendidikan
Lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang Lumajang  dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian,  yaitu sebagai berikut:

Unit pendidikan informal
Kegiatannya didasarkan pada kurikulum intern pondok pesantren. Unit pendidikan ini meliputi:
a         Pendidikan Kepesantrenan, berupa pengajian kitab kuning dengan sistem Wetonan (kuliyah) dan Sorogan (individual).
b        Pendidikan Madrasah Diniyah atau sekolah khusus agama, yang meliputi:

1). Madrasah Sifir atau setingkat TK;
2). Madrasah Awwaliyah atau setingkat SD/MI;
3). Madarasah Wustho atau setingkat SMP/MTs;
4). Madrasah ‘Ulya atau setingkat SMA/MA.

c         Lembaga Pengembangan Tahfidzul Qur’an

Unit pendidikan Formal
Yaitu mengikuti kurikulum Depag atau Diknas. Unit pendidikan formal ini meliputi:
1. PAUD. Syarifuddin
2. TK. Syarifuddin
3. MI. Syarifuddin
4. MTs. Syarifuddin
5. MA. Syarifuddin
6. IAI Syarifuddin

Unit Pendidikan Nonformal
 Berupa kegiatan-kegiatan ekstra Pondok Pesantren sebagai pendukung pengembangan bakat dan pengalaman santri sebelum pulang ke masyarakat. Kegiatan pendidikan nonformal ini antara lain meliputi : pembinaan Qiroatul Qur’an, kaligrafi, kursus bahasa arab dan bahasa inggris, komputer, peternakan, perikanan, pemberdayaan kesehatan pesantren, jahit-menjahit, olah raga, keorganisasian, dan kesenian Islami.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, gedung sekolah, dapur, aula, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer,  gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

 
Ekstrakurikuler
1. Latihan Khitobah
2. Jam’iyaAl barjanzi,
3. Seni Kaligrafi
4. Seni Hadroh dan Rebana
5. Kursus Komputer
6. Ketrampilan Usaha: Pertanian, Perikanan, dan Peternakan, Menjahit, Buat Roti
7. Bela diri
8. Olah raga
9. Seni baca Alquran
10. Administrasi.
11. Kajian Kitab Kuning
12. Tahfidzul Quran ( Hafalan Al quran )
13. Pengajian dan Sorogan kitab
14. Bahtsul Masail
15. Pengajian mingguan
16. Ziarah Wali-wali
17. lstighosah


Alamat
Desa   Wonorejo RT 15  RW 06 Kec. Kedungjajang   Kab. Lumajang  Jatim  67358
     Telp / Fax            : (0334) 884687-886259-887071 / (0334) 887071


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

 



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id