Kemenag Fokuskan Perhatian pada Moderasi Agama

Kemenag Fokuskan Perhatian pada Moderasi Agama

LADUNI.ID, Jakarta – Menurut Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Mastuki moderasi agama telah menjadi fokus perhatian Kemenag sejak empat tahun lalu. Moderasi untuk kebersamaan umat menjadi fokus perhatian Kemenag dalam menjalankan setiap programnya. Begitu juga pada rapat kerja nasional (Rakernas) 23 Januari mendatang, Kemenag mengangkat tema “Moderasi untuk Kebersamaan Umat”.

“Moderesi menjadi kata kunci, menjadi semacam mantra untuk melihat berbagai pertentangan yang ada, misalnya konflik keagamaan secara internasional ada yang cenderung radikalisme, ada (yang cenderung) liberalisme,” terang di Jakarta, pada Rabu (9/1).

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa saat ini ada golongan yang berada di kutub liberalisme dan kutub radikalisme serta intoleransi. Kemenag memiliki fungsi untuk menarik mereka ke tengah supaya bisa bersikap moderat. Atas dasar inilah Kemenag melihat pentingnya moderasi agama. Moderasi agama bukan hanya untuk pihak agama Islam saja tapi seluruh agama.

“Kami sangat khawatir di dunia nyata akan terjadi (pertentangan seperti di media sosial), maka (Kemenag) mengusung kebersamaan umat (jadi tema Rakernas),” jelasnya.

Hal itu berkenaan ketika April 2019 ini, lanjut Matsuki, akan ada pesta demokrasi yakni pemillihan Umum Pilpres dan Pileg. Oleh karena itu, sikap kebersamaan dan persatuan harus terus dijaga. “Diharapkan selama tahun politik yang dikedepankan adalah persatuan, menjaga kebersamaan umat dan menghindari pertentangan dan konflik sekecil apapun,” tandasnya.