Bangun Ratusan BI Corner, Cara BI Meningkatkan SDM Pelajar

 
Bangun Ratusan BI Corner, Cara BI Meningkatkan SDM Pelajar

LADUNI.id, MALANG - Guna mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan, Bank Indonesia mengeluarkan Program BI Corner di sejumlah instansi pendidikan di seluruh Indonesia. 

Program itu tidak hanya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), namun juga di tingkat Perguruan Tinggi. Salah satunya ada di Universitas Brawijaya, tepatnya di Gedung Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). 

"Secara nasional pengembangan Sumber Daya Manusia sangat penting, oleh karena itu, BI menaruh perhatian pengembangan SDM melalui pembelajaran” ujar Deputi Gurbernur BI Dr. Sugeng, ketika meresmikannya, Senin (14/1/2019).

Dalam BI Corner, terdapat  ratusan koleksi buku berkualitas tentang Perbankkan, Ekonomi, Akuntansi, Investasi dan beberapa koleksi buku lainnya. 

Melalui program ini, lanjutnya, penerima manfaat diharapkan dapat  meningkatkan pemahaman dan literasi khususnya mengenai peran dan tugas Bank Indonesia. 

"Hal itu, mengingat kantor BI tidak ada di setiap daerah, sehingga dengan adanya BI corner, pelajar dan mahasiswa bisa mengakses informasi terbaru dari BI maupun Perkembangan Perekonomian Dunia,” terang Sugeng. 

"Berbagai kegiatan pembelajaran diskusi, bedah buku, dan kegiatan edukatif lainnya agar diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan sehingga manfaat BI Corner lebih dirasakan," imbuhnya. 

Sesuai data di BI, Saat ini telah dibangun 721 BI Corner dan 183 Pojok Baca dan Dongeng untuk PAUD di seluruh Indonesia. BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 hingga tahun 2020. 

Sementara itu, Bank Indonesia Malang sendiri sudah membangun 10 BI Corner yang tersebar di wilayah kerjanya yakni di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Perpusda Kab. Probolinggo, Perpusda Kota  Malang, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang, SMAN 1 Lawang, SMAN 1 Probolinggo, SMAN 1 Kota Batu, serta di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. 

Wakil Rektor bidang kemahasiswaan UB, Arief Prajidno memberikan apresiasi positif dan bersyukur Universitas Brawijaya telah dipercaya BI sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi yang dibangun BI Corner. (karta.co.id)