Mengapa Jalan Santai Membuat Suasana Hati Lebih Baik

 
Mengapa Jalan Santai Membuat Suasana Hati Lebih Baik

 

LADUNI.ID,EDUKASI-Sudah lama dipercaya bahwa olahraga akan membuat seseorang lebih bahagia dan memiliki mood lebih baik. Namun tidak semua orang sempat atau bisa berolahraga. Bagi mereka yang tak punya waktu menggerakkan tubuhnya, ada kabar baik: Kegiatan fisik dengan intensitas rendah pun ternyata meningkatkan mood kita.

University of Connecticut dalam sebuah penelitian, meminta 419 peserta untuk selama empat hari mengenakan alat yang bisa melacak dan mencatat pergerakan pemakainya. Mereka kemudian memberi pertanyaan-pertanyaan tentang kebiasaan, perasaan, mood, dan rasa sakit pada para peserta itu.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk saja memiliki tingkat kesehatan dan mood paling rendah dibanding yang lebih sering bergerak.

Artinya berjalan santai atau normal adalah kegiatan terbaik untuk meningkatkan mood bagi mereka yang biasanya hanya duduk saja.

Dalam penelitian ini peserta yang melakukan aktivitas fisik sedang dilaporkan juga mengalami tingkat rasa nyeri yang paling rendah. Sementara mereka yang berolahraga lebih keras memiliki kesehatan yang lebih baik, namun tingkat mood-nya tidak melonjak.

Meski begitu, dalam penelitian disebutkan olahraga yang rutin akan membuat orang terjaga mood-nya. Sehingga walaupun tambahan aktivitas fisik dari ringan ke berat tidak akan meningkatkan mood secara signifikan, namun tidak akan menghilangkannya juga.

SUMBER:Kompas.com