Begini Komitmen LAZISNU Pringsewu untuk Sukseskan Hutara NU Peduli

Begini Komitmen LAZISNU Pringsewu untuk Sukseskan Hutara NU Peduli

LADUNI.ID, Pringsewu – Hingga saat ini, NU Peduli Tsunami Lampung akan membangun ratusan hunian sementara (Huntara) bagi para korban terdampak tsunami di kawasan pesisir pantai Kalianda, Lampung Selatan.

Mengenai Huntara yang akan dibangun tersebut akan tersebar di beberapa titik lokasi di antaranya 20 unit di Desa Banding, 27 unit di Desa Sukaraja, 10 unit di Desa Maja, 40 unit di Pulau Sebesi, dan 10 unit di Pulau Sebuku.

Huntara yang akan diberinama Kampung NU tersebut juga akan dibangun berbagai fasilitas umum seperti Mushala dan MCK. Seperti yang sudah dilakukan di Desa Banding sebagai titik awal dilaksanakannya program Huntara ini, 10 unit sudah siap dihuni ditambah 1 unit mushala dan 4 unit MCK.

Berdasar pada komitmen kepedulian NU Peduli, banyak elemen yang terpanggil untuk ikut serta mewujudkan Huntara tersebut melalui berbagai bentuk bantuan. Seperti yang dilakukan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu yang menggalang dana untuk Huntara.

Menurut Bendahara LAZISNU Kabupaten Pringsewu M Kabul Muliarto, pihaknya langsung bergerak dengan mengkoordinir dana dari UPZIS di kecamatan dan desa yang sudah aktif mengelola Kotak Koin Pondasi Akhirat.

“Untuk membantu meringankan saudara kita yang terkena musibah dan merealisasikan program NU CARE-LAZISNU Pusat ,kami menginstruksikan kepada seluruh UPZIS NU tingkat Kecamatan dan desa untuk mengalokasikan saldo dana program sebesar 10 persen untuk ikut berpartisipasi dalam program pembuatan hunian sementara (Huntara) di Lampung Selatan,” terangnya, Rabu (16/1) kemarin.

Kabul juga mengatakan, dana tersebut akan segera dikirim ke NU Peduli setelah terkumpul dari kecamatan dan desa. Sampai dengan saat ini LAZISNU kabupaten sudah menyiapkan dana Rp. 2.500.000 dan UPZIS NU Kecamatan Pringsewu sebesar Rp. 4.897.000. Nantinya akan ditambah dari UPZIS desa yang diperkirakan dananya akan dapat maksimal membantu Huntara.

Bukan hanya melalui alokasi dana Kotak Koin Pondasi Akhirat, LAZISNU Pringsewu juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin ikut serta membantu huntara tersebut dengan mengirimkan dana melalui transfer ke nomor rekening bank atas nama LAZISNU Kabupaten Pringsewu yakni: BRI 035801016988532, BNI Syariah 0792171586, atau BMT Arta Buana 0306001334.

“Untuk lebih jelasnya, masyarakat yang ingin mendonasikan dananya untuk membantu Huntara NU Peduli di Lampung Selatan bisa menghubungi langsung pengurus LAZISNU Pringsewu: Khairuddin 081369718849, Ahmad Fauzan 081369718849 atau Kabul 085269607010,” pungkas M Kabul Muliarto.