Anda Kedatangan "Tamu" Sang Bayi, Ini Kapasitas Maksimum Daya Tampung Lambungnya

 
Anda Kedatangan

LADUNI. ID, KESEHATAN- Mendambakan lahir sang tamu (bayi) merupakan idaman semua orang bukan hanya suami dan istri termasuk keluarga kedua belah pihak. Calon Ibu harus mengetahui hal yang berkaitan dengan bayi termasuk daya tampung lambung "tamu" tersebut.

Selama minggu awal pertama, ibu menyusui anak bayinya secara umum dipicu oleh stimulus lapar dari bayi yang normal terjadi sebanyak 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Setelah usia 4 minggu, stimulus lapar dari bayi berkurang menjadi 7 hingga 9 kali per hari.

Saat mencapai usia 5 hari, bayi dengan asupan ASI yang cukup akan buang air kecil 6 hingga 8 kali per hari dan kotoran nya bulat kecil-kecil sebanyak 3 kali atau lebih per harinya.

Meskipun frekuensi pemberian ASI nya normal, BAK (Buang Air Kecil) dan BAB (Buang Air Besar) nya juga normal, namun tidak menjamin peningkatan langsung berat badan. Untuk memeriksa apakah asupan kalori cukup, bayi harus ditimbang di posyandu maupun pusat pemeriksaan bayi lainnya dalam setiap kunjungan rutin.

Bayi cukup bulan (saat lahir) maka akan mengalami pengurangan berat badan dalam 3 hingga 5 hari pertama kehidupan dengan rata-rata kehilangan 7 persen berat badan lahir mereka. Umumnya mereka akan memperoleh berat badan lahir mereka kembali saat usia 1 hingga 2 minggu pertama kehidupan mereka. Saat ibu menyusui telah sempurna produksi air susu dalam kelenjar air susunya pada hari ke-3 hingga ke-5 pasca melahirkan, biasanya bayi tidak akan mengalami penurunan berat badan. 

Kekurangan berat badan bayi 10 persen dari berat badan lahir ataupun gagal mengalami peningkatan berat badan yang tepat, adanya ketidaktepatan asupan perlu dipertimbangkan (sebagai penyebab) dan perlu dipertimbangkan pemantauan ketat terhadap cara pemberian ASI oleh ibu kepada bayi (sebagai solusi).

Demikian sedikit info sepintas dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Fastabiqul Khairaat.

**dr. Tgk. Muhammad Thaifur, Guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga,  Bireuen.