Pesantren Raudhatul Mujawwidin Jambi

Pesantren Raudhatul Mujawwidin Jambi

Profil
Rimbo Bujang merupakan salah satu daerah program transmigrasi paling suskses di Indonesia sejak tahun 1977 M. Hal tersebut terlihat jelas dari etos kerja masyarakatnya sangat tinggi. Sehingga perkembangan masyarakat Rimbo Bujang tersebut terjadi sangat pesat, termasuk semangat pembangunan di bidang pendidikan. Melihat peluang tersebut KH. M. Burhan Jamil, yang datang dari sebuah Desa Penganten-Klambu, Purwodadi Grobogan Jawa Tengah, sekaligus alumni Madrasah Diniyah NU Kudus yang dipimpin oleh KH. Ahmad Sya’roni Achmadi, memiliki i’tiqad baik untuk mengajarkan agama di daerah transmigrasi.

Pada tahun pertama (1995) Kyai Burhan hanya memiliki dua orang santri yang diasuh di rumah gubug sederhana. Namun ternyata banyak masyarakat  sekitar berminat menitipkan putra-putrinya untuk belajar agama. Hal itu yang kemudian menjadi cikal-bakal lahirnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada tahun 1996 M yang beliau pimpin. Seiring dengan perjalanan waktu, pada tahun 1998 M dikembangkan menjadi sebuah yayasan, dengan nama Yayasan Pendidikan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) Raudhatul Mujawwidin.

Kemudian pada tahun 2000 M. Kyai Burhan bermaksud mengembangkan kiprahnya di bidang pendidikan yang lebih luas dalam mencerdaskan anak bangsa di daerah.Akhirnya beliau mengelola pendidikan dengan Sistem Pondok Pesantren. Para santri datang berduyun-duyun dari berbagai daerah Kota/Kabupaten di Propinsi Jambi. Bahkan juga termasuk dari berbagai propinsi lainnya seperti Sumatra Barat, Medan, Sumatra Selatan, Riau, Bengkulu dan bahkan termasuk dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hingga saat ini, jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Raudhatul Mujawwidin sebanyak _+ 2000 orang.

Banyak tokoh bangsa, maupun para alim ulama’ yang telah bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin untuk memberikan do’a, motivasi maupun dukungan terhadap kelangsungan pendidikan Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin agar nantinya menjadi lembaga pendidikan yang berkembang, maju serta penuh berkah. Diantara para tokoh tersebut adalah dari kalangan Nahdhatul Ulama (NU) Seperti KH. Abdurrahman Wahid,  Prof Dr. KH. Said Aqil Siraj, MA, KH. Hasyim Muzadi. Juga para ‘alim ulama’ seperti KH, Ma’mun Zubair, Habib Umar Assegaf Semarang, KH. Imran Jamil, KH. Abdul Mu’thy Nur Hadi (Jam’iyyah Ahlitthariqah al-Mu’tabarah An-Nahdhiyyah), maupun para akademisi seperti Prof. Dr. H. Imam Suprayogo (Rektor UIN Maliki Malang), Prof. Dr. Ibrahim Bafadhal, M.Pd (Direktur Pengembangan Pendidikan TK-SD Kementrian Pendidikan Nasional), Dr. KH. Mukhotob, MA (Rektor UNSIQ Wonosobo, Jawa Tengah) serta para tokoh lainnya.

Selain itu, Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin sebagai Lembaga Koordinat Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’aty untuk wilayah Propinsi Jambi, dan telah melakukan pembinaan, serta mendorong terhadap pendirian Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan saat ini lebih dari 36 lembaga TPQ sekaligus membina terhadap para calon guru pengajar Al-Qur’an di beberapa kabupaten/kota di Wilayah Propinsi Jambi, bahkan Sumatra Selatan dan Sumatra Barat. Animo masyarakat daerah  yang berminat untuk mendidik putra-putrinya di Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin sangat tinggi.

 

Pendidikan
1.Taman Kanak-kanak (RA)
2. Sekolah Dasar Islam (SDI)
3. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
4. Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK)
5. Madin

Fasilitas
1.    Masjid Nurul Burhan
2.    Asrama Putra
3.    Asrama Putri
4.    Aula Pesantren
5.    Gedung Madrasah
6.    Lap Komputer dan Internet
7.    Lapangan Olahraga
8.    Kamar Mandi Putra
9.    Kamar Mandi Putri

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga
17. Kaligrafi

Alamat
Jl. Meranti, Desa Tirta Kencana, Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Jambi 37253

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Raudhatul Mujawwidin Jambi