Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

Profil

Meskipun di Ponorogo telah lama berdiri beberapa lembaga pendidikan Islam yang berpaham Islam Modernis, namun keberadaannya terlanjur dianggap sebagai tempat menuntut ilmu kaum priyayi yang tak terjangkau Wong Cilik, sehingga keterbelakangan dan kenihilan ilmu pengetahuan masih juga memprihatinkan, kondisi tersebut menggugah kepedulian tokoh masyarakat Joresan untuk mendirikan lembaga pendidikan.

Kemudian untuk lebih menguatkan niat dan tujuan mendirikan lembaga pendidikan Islam tersebut maka diadakan pertemuan sebanyak dua kali. Yang pertama di rumah KH. Hasbullah desa Joresan Mlarak yang bertepatan dengan peringatan Haul Almarhum Kyai Muhammad Thoyyib pendiri desa Joresan.

Pertemuan yang kedua di rumah salah satu tokoh NU Mlarak KH. Abdul Karim dari desa Joresan yang dihadiri oleh KH. Maghfur Hasbullah, Ahmad Hudlori Ibnu Hajar, H. Farhan Abdul Qodir, Ashmu’i Abdul Qodir, Tumiran Ahmadi, Hirzuddin Hasbullah, Rohmat Asyhur, Royani, dan Muhammad Yasa’,  berkat ridlo Allah SWT, lahirlah cikal bakal Pondok Pesantren Al-Islam, tepatnya pada tanggal 12 Muharram 1386 H bertepatan dengan tanggal 2 Mei 1966 M.

Pada awalnya bernama Madrasah Tsanawiyah Islamiyah, kemudian setelah berjalan selama empat tahun, setelah adanya kelas IV akhirnya namanya ditambah dengan Madrasah Tsanawiyah Aliyah “Al-Islam”, meskipun keberadaan Madrasah Tsanawiyah Aliyah “Al-Islam” diprakarsai oleh para ulama NU, namun Pondok Pesantren Al-Islam tetap berdiri untuk semua golongan.

Pondok Pesantren “Al-Islam” Joresan terletak  15 Km dari ibukota Kabupaten Ponorogo, tepatnya di desa Joresan Kecamatan Mlarak, sesuai dengan Visi dan Misi Pondok, sangatlah cocok sekali dengan kondisi ekonomi masy

arakat pedesaan yang mayoritas petani yang berpenghasilan rendah, meskipun di Kecamatan Mlarak banyak sekali Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan, namun keberadaan Ponpes Al-Islam sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Kecamatan Mlarak sampai luar daerah bahkan luar Pulau Jawa.

Pengasuh

  1. KH. Maghfur Hasbullah
  2. KH. Mahfudz Hakiem, BA
  3. H. Zainal Arifin, Lc
  4. Irhamni Dahlan, BA
  5. Drs. Muhammad Ali Fikri, M.Pd.I
  6. Drs. H. Usman Yudi, M.Pd.I

Pendidikan

1. Madrasah Tsanawiyah (MTS)
2. Madrasah Aliyah (MA)
3.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
4. Madrasah Diniah
5. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler


 

1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Marching Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga
17. Kaligrafi
 

 

Fasilitas

1.Lahan
Dalam pengembangannya, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo telah memiliki lahan untuk kegiatan pengembangan yang luasnya 4200 M2. dengan setatus pemilikkan sertifikat hak milik yayasan. Lokasi tersebut berada di sebelah kampus Al-Islam.
2.Ruangan
Jumlah ruangan yang telah tersedia dan sampai saat ini dapat dipakai dengan baik adalah : 41 ruang Kelas, 1 ruang perpustakaan, 4 ruang  kantor untuk Ghuru dan Tata Usaha, 3 ruang laboratorium Komputer dan bengkel, satu ruang perpustakaan, 5 ruang Asrama Putri dan sebuah Masjid.
3. Perpustakaan
Buku-buku yang tersedia diperpustakaan masih jauh dari kebutuhan, walaupun usaha menambah jumlah buku dan jumlah judul terus dilakukan.
4.Laboratorium
Dalam menunjang kehidupan Pendidikan dan Praktikum, sarana Laboratorium yang telah tersedia khususnya untuk kegiatan pratikum Komputer sudah memadai.
Beberpa masalah dijumpai dalam penyediaan peralatan laboratorium adalah :Jumlah peralatan yang diperlukan masih terbatas.
 
 
 

Alamat

Jl. Madura, Joresan, Mlarak, Joresan 3, Joresan, Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, 63472

Telepon: (0352) 311340

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi: https://alislamjoresan.sch.id

Email: ppalislamjoresan@gmai.com





Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo