Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

PROFIL 
Pondok Pesantren “Al-Islam” Joresan terletak 15 KM dari ibu kota Kabupaten Ponorogo, tepatnya di desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Meskipun di Kecamatan Mlarak banyak sekali Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan, tetapi keberadaan Ponpes Al-Islam sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Kecamatan Mlarak sampai luar daerah bahkan luar Pulau Jawa. Untuk menuju ke lokasi Pondok Pesantren Al-Islam sangatlah mudah, karena dekat dengan jalur transportasi umum.

Masa studi di Pondok Pesantren Al-Islam adalah selama enam tahun, tiga tahun untuk menyelesaikan studi tingkat Tsanawiyah, dan tiga tahun untuk menyelesaikan studi tingkat 'Aiyah namun Pondok Pesantren Al-Islam tetap memberi kesempatan bagi siswa yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat Tsanawiyah untuk melanjutkan belajarnya ke lembaga pendidikan lain dengan alasan yang bisa di pertangungjawabkan.

Bahkan, Pondok Pesantren Al-Islam juga memberi kesempatan kepada alumni Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) swasta atau negeri untuk menjadi santri di Pondok Pesantren Al-Islam yang terkenal dinamis dan ketat dengan program Fullday School. Santri kelas Fullday ini memiliki masa studi tiga tahun, satu tahun untuk menyelesaikan l program kelas Fullday dan masa dua tahun di sediakan untuk melebur dengan siswa kelas regular, yang terbagi dalam tiga spesialisasi yaitu agama, sains, sosial dan SMK.

Kurikulum Pondok Pesantren Al-Islam di rancang secara akomodatif dengan sistem terpadu artinya mata pelajaran yang di berikan adalah merupakan akumulasi dari kurikulum Departemen Agama, dan metode belajar mengajar Pondok Salafiyah dan Pondok Modern, kekhasan kurikulum Pondok Pesantren Al-Islam ini terlihat dengan lahirnya motto "Al-Muhaafadlotu 'Ala-L-Qodiimi-S-sholih Wal Akhdzu Bil-L-Jadidiidiil-Ashlahi". Hal ini bertujuan agar Pondok Pesantren Al-Islam mampu mencetak kader umat Islam yang berkemampuan komprehensif yang siap menjawab tantangan yang berkembang dalam masyarakat.

SEJARAH
Meskipun di Ponorogo telah lama berdiri beberapa lembaga pendidikan Islam yang berpaham Islam Modernis, namun keberadaannya terlanjur dianggap sebagai tempat menuntut ilmu kaum priyayi yang tak terjangkau Wong Cilik, sehingga keterbelakangan dan kenihilan ilmu pengetahuan masih juga memprihatinkan, kondisi tersebut menggugah kepedulian tokoh masyarakat Joresan untuk mendirikan lembaga pendidikan.

Kemudian untuk lebih menguatkan niat dan tujuan mendirikan lembaga pendidikan Islam tersebut maka diadakan pertemuan sebanyak dua kali. Yang pertama di rumah KH. Hasbullah desa Joresan Mlarak yang bertepatan dengan peringatan Haul Almarhum Kyai Muhammad Thoyyib pendiri desa Joresan.

Pertemuan yang kedua di rumah salah satu tokoh NU Mlarak KH. Abdul Karim dari desa Joresan yang dihadiri oleh KH. Maghfur Hasbullah, Ahmad Hudlori Ibnu Hajar, H. Farhan Abdul Qodir, Ashmu’i Abdul Qodir, Tumiran Ahmadi, Hirzuddin Hasbullah, Rohmat Asyhur, Royani, dan Muhammad Yasa’,  berkat ridlo Allah SWT, lahirlah cikal bakal Pondok Pesantren Al-Islam, tepatnya pada tanggal 12 Muharram 1386 H bertepatan dengan tanggal 2 Mei 1966 M.

Pada awalnya bernama Madrasah Tsanawiyah Islamiyah, kemudian setelah berjalan selama empat tahun, setelah adanya kelas IV akhirnya namanya ditambah dengan Madrasah Tsanawiyah Aliyah “Al-Islam”, meskipun keberadaan Madrasah Tsanawiyah Aliyah “Al-Islam” diprakarsai oleh para ulama NU, namun Pondok Pesantren Al-Islam tetap berdiri untuk semua golongan.

Pondok Pesantren “Al-Islam” Joresan terletak  15 Km dari ibukota Kabupaten Ponorogo, tepatnya di desa Joresan Kecamatan Mlarak, sesuai dengan Visi dan Misi Pondok, sangatlah cocok sekali dengan kondisi ekonomi masy

Masyarakat pedesaan yang mayoritas petani yang berpenghasilan rendah, meskipun di Kecamatan Mlarak banyak sekali Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan, namun keberadaan Ponpes Al-Islam sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Kecamatan Mlarak sampai luar daerah bahkan luar Pulau Jawa.

Pengasuh

  1. KH. Maghfur Hasbullah
  2. KH. Mahfudz Hakiem, BA
  3. H. Zainal Arifin, Lc
  4. Irhamni Dahlan, BA
  5. Drs. Muhammad Ali Fikri, M.Pd.I
  6. Drs. H. Usman Yudi, M.Pd.I

Pendidikan

1. Madrasah Tsanawiyah (MTS)
2. Madrasah Aliyah (MA)
3.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
4. Madrasah Diniah
5. Tahfidzul Qur'an

EKSTRAKURIKULER
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Marching Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga
17. Kaligrafi


Baca Al-Qur'an di pesantren Al-Islam Joresan


Marching Band di pesantren Al-Islam Joresan

FASILITAS
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

1.Lahan
Dalam pengembangannya, Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo telah memiliki lahan untuk kegiatan pengembangan yang luasnya 4200 M2. dengan setatus pemilikkan sertifikat hak milik yayasan. Lokasi tersebut berada di sebelah kampus Al-Islam.
2.Ruangan
Jumlah ruangan yang telah tersedia dan sampai saat ini dapat dipakai dengan baik adalah : 41 ruang Kelas, 1 ruang perpustakaan, 4 ruang  kantor untuk Ghuru dan Tata Usaha, 3 ruang laboratorium Komputer dan bengkel, satu ruang perpustakaan, 5 ruang Asrama Putri dan sebuah Masjid.
3. Perpustakaan
Buku-buku yang tersedia diperpustakaan masih jauh dari kebutuhan, walaupun usaha menambah jumlah buku dan jumlah judul terus dilakukan.
4.Laboratorium
Dalam menunjang kehidupan Pendidikan dan Praktikum, sarana Laboratorium yang telah tersedia khususnya untuk kegiatan pratikum Komputer sudah memadai.
Beberpa masalah dijumpai dalam penyediaan peralatan laboratorium adalah :Jumlah peralatan yang diperlukan masih terbatas.
 
 

Gedung pesantren di pesantren Al-Islam Joresan
 

Gedung pesantren di pesantren Al-Islam Joresan

ALAMAT
Jl. Madura, Joresan, Mlarak, Joresan 3, Joresan, Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, 63472
Telepon: (0352) 311340

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi: https://alislamjoresan.sch.id

Email: ppalislamjoresan@gmai.com
 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.