Tawadhu' Tingkat Langit Mbah Maimoen Zubair

 
Tawadhu' Tingkat Langit Mbah Maimoen Zubair

LADUNI.ID - Saat kemarin menghantarkan Syaikhna Dr. Abdun Nashir al-Malibari sowan ke Sarang, ada minimal empat dawuh Mbah Maimun yang sangat berkesan bagi saya. Empat dawuh itu menunjukkan begitu "sundul langit"nya ketawadlu'an KH. Maimun. Empat dawuh keluar dari lisan mulia beliau dengan alami tanpa ada sedikitpun takalluf (paksaan). Berikut adalah dawuh-dawuh Mbah Mun:
.
1. طال عمري وقل عملي
"Umurku panjang tapi amal baikku sedikit."
.
Ya Rabb. Jika amal KH. Maimun Zubair yg telah menghabiskan umurnya untuk khidmah Islam dan Muslimin dianggap sedikit, lalu bagaimana dengan amal kami yg kroco-kroco ini?

2. عمري فوق التسعين، ادع لي أن أموت على دين الإسلام
Mbah Maimun dawuh kepada Syaikhna Abdun Nashir al-Malibari: "Umurku sudah 90 tahun lebih. Tolong doakan agar saya meninggal dalam keadaan membawa agama Islam."
.
Bayangkan kawan, ulama dan waliyyullah besar ini masih minta didoakan meninggal dg membawa agama Islam. Padahal, amal kesalehan beliau untuk kemaslahatan umat Islam khususnya muslimin Indonesia sudah tak terhingga. Sungguh betapa tawadlu'nya beliau seakan tidak menganggap amal baiknya hingga takut meninggal tidak membawa Islam.

2. أنتم صاحب المؤلفات وأنا ما عندي تأليفات
Beliau dawuh kepada Syaikhna al-Malibari:
"Sampean itu penulis banyak kitab. Sedangkan saya tidak punya karangan apa-apa."
Padahal kita tahu beliau itu punya banyak kitab. Di antaranya adalah 'Tarajim Masyayikh Sarang', 'Maslak at-Tanassuk al-Makki', 'Ta'liqat Ala Jauharatit Tauhid', dan 'Ta'liqat Ala Bad'i al-Amali'.
Saking tawadlu'nya, seakan semua kitab itu tidak beliau anggap sebagai karangan ilmiyyah.
.
Syeikh Abdun Nashir pun berkata sambil menunjuk kitab 'Tarajim Masyayikh Sarang': "Lha ini, Mbah Yai. Ini kan tulisan Panjenengan."

Mbah Mun menjawab:
4. إنما هو تراجم، وليس فيه علم.
"Kitab ini hanya kumpulan biografi. Tidak ada ilmunya."
.
Yaaa Rabb... Tawadlu' tingkat tinggi.

Semoga Allah selalu memberi Mbah Mun dan Syaikh Abdun Nashir kesehatan dhohiron wa bathinan. Dan semoga kita sebagai santri langsung atau santri dari santrinya KH. Maimun Zubair dapat meneladani akhlaq mulia ini.

Oleh; Ustaz  Nanal Ainal Fauz