Dayah Jami'ah Al-Aziziyah Batee Iliek Solusi Tepat Menempatkan Anak Didik Anda #2

Dayah Jami'ah Al-Aziziyah Batee Iliek Solusi Tepat Menempatkan Anak Didik Anda #2

 

LADUNI. ID, PENDIDIKAN- DJA tahun ini membuka pendaftaran di tempat pendaftaran di kantor sekretariat Dayah Jamiah Al-Aziziyah yang beralamat di Kompleks Makam Syuhada Tgk. Syik Kuta Gle Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.

Sejarah telah mencatat bahwa LPI Dayah Jamiah Al-Aziziyah didirikan oleh Syekh Abu H. Hasanoel Bashry HG (Abu Mudi) pada tanggal 19 Januari 2012 di daerah perbukitan Batee Iliek pada lahan seluas 16 ha di bawah pimpinan Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA. Seiring perjalanan waktu dan penyempurnaan kesiapannya, Dayah Jamiah Al-Aziziyah diresmikan oleh Abu Mudi pada hari Ahad Tanggal 3 Maret 2013.

LPI Dayah Jamiah Al-Aziziyah termasuk salah satu lembaga pendidikan dengan sistem salafiyah yang menitik beratkan pendidikannya pada kajian kitab arab gundul atau disebut kitab kuning karya para ulama terdahulu. Kurikulum yang diterapkan sepenuhnya diadopsi dari Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang merupakan induk Dayah Jamiah Al-Aziziyah.

Di samping itu Dayah Jamiah AL-Aziziyah juga memfasilitasi santrinya dengan pendidikan formal mulai dari jenjang SMP, SMK (Jurusan TKJ, Ekonomi Islam dan Multimedia) dan program strata satu (S1) Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah, serta berbagai kegiatan ekstra kurikuler seperti kelas pembinaan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Para santri dididik dan dibina oleh tenaga guru yang memiliki dua latar belakang pendidikan (formal dan nonformal), juga telah menyelesaikan pendidikan program S1 dan S2.

DJA mempunyai visi dan misi menjadi Pusat Pendidikan Berprestasi dalam Melahirkan Ulama, Intelektual dan Praktisi yang Beilmu serta Berakhlak Mulia.

Waktu terus berotasi, pada tahun ajaran 2018/2019 kemarin Dayah Jamiah Al-Aziziyah yang usianya memasuki tujuh ke-7, untuk pertama kali menerima santri putri (khusus untuk jenjang mahasiswi) berjumlah 100 orang.

Sedangkan Pwada tahun ajaran 2019/2020 ini Dayah Jamiah Al-Aziziyah akan menerima sebanyak 250 santri tingkat SMP, 250 tingkat SMK, dan 250 tingkat mahasiswa/i.
Pada saat ini Dayah Jamiah Al-Aziziyah memiliki santri sejumlah 714 orang yang berasal dari berbagai daerah, baik dari Aceh maupun luar Aceh, kesemuanya sebagai santri mukim/menetap.

Sebagian orang tua binggung dan mana lembaga pendidikan yang cocok untuk anaknya meneruskan pendidikan yang mampu menjawab tantangan dan menerobos hari esok yang cemerlang di era 4.0 ini?  Jawabannya hanya satu Dayah Jami'ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek jawabannya. 

Orang tua tidak perlu ragu para punggawa dan pendidik di DJA sosok yang kaya pengalaman dalam mendidik generasi millienial mereka lama berkiprah di Dayah MUDI Samalanga. Insya Allah keberkahan Abon Aziz kolaborasi dengan Abu MUDI dan Teungku Chiek Kuta Glee serta usaha gigih guru DJA mampu  memberikan yang terbaik untuk generasi bangsa dan penerus agama menuju sa'adah daaraini (Kebahagiaan Dunia dan Akhirat).  Insya Allah. 

**Helmi Abu Bakar El-langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Samalanga