Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Menyikapi Hari Valentine Bagi Pasangan Belum Sah?

Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Menyikapi Hari Valentine Bagi Pasangan Belum Sah?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, mau tanya donk. Mendekati Valentine Day banyak orang memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal yang berbau romantis dengan pasangannya, padahal status mereka masih berpacaran. Bagaimana menyikapi hal tersebut ?
Terima kasih sebelumnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Vina di Batu – Malang
 
Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Vina, hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya merupakan tradisi perayaan kasih sayang. Tidak hanya non muslim yang merayakannya, tetapi banyak juga muslim yang merayakannya. Sejarah hari Valentine, singkatnya merupakan peringatan kematian dari seorang dermawan yang bergelar Santo yang pada waktu itu  melawan penguasa Romawi, Raja Claudius II.

Baca juga: Apa itu Self Love?

Islam tidak mengajarkan adanya perayaan hari Valentine, sehingga sebagai umat muslim kita tidak perlu merayakannya. Bukan berarti Islam anti berbagi kasih dan sayang, bahkan Islam merupakan agama yang konsisten dalam menebarkan kasih sayang. Setiap perbuatan kita selalu diawali dengan bismillahirrahmanirrahiim yang artinya dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Rasul Saw. juga bersabda "Tidak beriman salah seorang diantara kamu sehingga ia cinta kepada saudaranya seperti cinta kepada dirinya sendiri"

Dalam konteks yang sama tapi lebih luas lagi Rasul Saw. memerintahkan untuk menyayangi makhluk di permukaan bumi ini tanpa membeda-bedakankan agamanya. Beliau bersabda : Sayangilah olehmu penduduk bumi, kamu akan disayangi oleh penduduk langit.

Bagaimana dengan remaja yang merayakan Valentine ? Kemungkinan mereka tidak mengetaui sejarah  peringatan Hari Valentine tersebut dan hanya sekedar ikut-ikutan saja sesuai dengan psikologis remaja yang masih labil dan membutuhkan pengakuan. Selain itu, remaja sudah mulai tertarik dengan  lawan jenis. Hal ini bisa menjadi buruk ketika mereka sekedar membungkus kasih sayang untuk menutupi nafsu syahwat saja yang akhirnya menimbulkan penyesalan saja.

Yuk menjadi remaja cerdas dan memiliki sikap yang tegas, dan menangkis budaya-budaya barat yang tidak memiliki manfaat buat kita. Bagikan pada teman-temanmu ya agar mereka bisa menentukan sikap untuk tidak ikut-ikutan merayakan Valentine dan pilihlah kegiatan yang positif juga bermanfaat bagi orang lain.
Wassalamu’alaikumwr wb.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun