Buku “Peran Media Santri” Dibedah di HPN

Buku “Peran Media Santri” Dibedah di HPN

LADUNI, ID. JAKARTA – Ada yang yang menarik dalam perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini. Perayaan yang jatuh pada tanggal 9 Februari kemarin yang dirayakan di Surabaya. Berbicara Surabaya, tidak lengkap apabila tidak melirik Nahdlatul Ulama.

Komisioner KPI Pusat, Ubaidillah menekankan pentingnya kehadiran para jurnalis dari kalangan pesantren mewarnai dunia pers nasional.

Ubaidillah bersama Pemred Majala AULA Riadi Ngasiran dan Pemred Majalah Risalah NU Musthafa Helmy meluncurkan buku “Peran Media Santri, Kiprah KH Abdul Wahab Hasbullah” di Studio TV9 Surabaya beberapa waktu lalu

Peluncuran buku yang digelar dalam acara Special Talkshow “Media Santri dan Pers Nasional” tersebut dalam rangka meramaikan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jawa Timur yang pada puncak acaranya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Surabaya, Sabtu (9/2/19).

Ubaidillah memberikan apresiasi terhadap peluncuran buku Peran Media Santri, Kiprah KH Abdul Wahab Hasbullah” yang diiniasi Keluarga Besar KH Abdul Wahab Hasbullah.

Ia berharap buku ini menjadi rujukan kalangan pesantren dalam mengembangkan jurnalisme yang sesuai perkembangan zaman. Buku tersebut menggambarkan sejarah awal kalangan pesantren melahirkan media sebagai respon serangan media-media lain terhadap perilaku dan amaliah penganut ajaran Ahlussunnah Waljamaah.

Sementara itu Pemred Majalah AULA Riadi Ngasiran mengatakan, “terbitnya buku ini menambah khazanah kalangan santri dalam menyemai sejarah keterlibatan kaum sarungan dalam dunia pers. Mahbub Djunaidi yang pernah menjadi Ketua PWI melalui karyanya menjadi inspirasi generasi muda NU dalam menggeluti dunia jurnalistik”

“Buku ini bisa menjadi pegangan para santri dan para pemangku kepentingan pesantren dalam menyebarkan informasi atau berita terkait keagamaan dan sosial masyarakat,” kata Riadi.

Buku setebal 102 halaman menyajikan empat tema bahasan di antaranya Dari Sini Kiai Wahab Memulai, Kiai Wahab Tokoh Berpikir ke Depan, Media dari Tangan Kiai Wahab dan Para Pewarta Kader Kiai Wahab.

Buku yang ditulis Musthafa Helmy ini ingin menunjukkan kepada public bahwa kalangan pesantren dan NU sejak awal berdirinya sudah memiliki jurnalis handal dan media yang digunakan untuk kepentingan internal organisasi dan juga sebagai pembangkit semangat dalam mengawal kemerdekaan bangsa dari penjajahan. (hud)

 

Tags