Tak Diperbaiki, Longsor Jalan Poros Kec Rubaru-Ganding Tak Bisa Dilewati

Tak Diperbaiki, Longsor Jalan Poros Kec Rubaru-Ganding Tak Bisa Dilewati

LADUNI.id, Sumenep – Kondisi jalan poros Kecamatan Rubaru-Kecamatan Ganding pasca terjadi longsor di Dusun Batoguluk, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih tetap sangat memprihatinkan dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. 

Ratusan warga di dusun tersebut terisolasi akibat jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Bahkan, kemarin warga harus menggotong beberapa barang seperti cabe yang hendak di jual ke Pasar Rubaru. 

Berdasarkan pantauan LADUNI.id, Selasa, (12/02/2019), kondisinya semakin parah. Sebab, hujan lebat yang terjadi kemarin siang, Senin (11/02/2019) di wilayah tersebut menggerus beberapa material seperti aspal ke sungai kecil yang berada tepat di bawah jalan raya tersebut.  

Ketika hari pertama terjadi longsor, Minggu (10/02/2019), dari aparatur desa, kecamatan, Polsek dan Koramil Rubaru/13, telah melakukan pemantauan ke lokasi longsor. Hari ini, dari PU Bina Marga Sumenep kembali mengecek kondisi longsor tersebut. 

Camat Rubaru, Arif Susanto menjelaskan, peristiwa tersebut sudah dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep dan PU Bina Marga Sumenep. Sebab, sebagai jalan poros kecamatan harus diprioritaskan dalam perbaikannya. 

”Kami berharap, jalan ambruk akibat longsor di Dusun Batoguluk itu, menjadi prioritas perbaikan. Sebab, itu jalan poros kecamatan dan jalan utama warga,” terangnya. (*)