Hindari dari Kelompok yang Mendapat Laknat

 
Hindari dari Kelompok yang Mendapat Laknat

LADUNI.ID,HIKMAH- Salah seorang sahabat nabi yang terkenal Ali bin Abi Thalib dalam suatu kesempatan,  Rasulullah memberitahukan kepadanya tentang empat orang yang dilaknat Allah, sebagaimana hadis Riwayat Muslim dari Abu Thufail Amir bin Watsilah.

Siapakah mereka yang dilaknat tersebut?Pertama, Allah melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa ridha Allah itu ada pada ridha orangtua dan murka Allah itu juga ada pada murka orangtua.  

 

Sementara itu dalam hadis lain, riwayat Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash, Rasulullah menyebut kalau melaknat kedua orang tua termasuk dari dosa-dosa paling besar.

Kedua, Allah melaknat orang yang menyembelih hewan dengan menyebut nama selain Allah. Selain membuat Allah melaknat, menyembelih hewan dengan tidak menyebut nama Allah membuat hewan tersebut menjadi haram dikonsumsi. 

 

Ketiga, Allah melaknat orang yang melindungi pendusta. Allah juga akan murka kepada seseorang yang melindungi pelaku kriminal, pencuri, dan pendusta.

Keempat, Allah melaknat orang-orang yang mengubah batas tanah. Selain dilaknat, orang-orang yang mengambil tanah orang lain secara zalim juga akan mendapatkan siksaan yang pedih di akhirat kelak.Sesuai hadits Rasulullah, jenis orang keempat ini akan disiksa dengan dikalungkan padanya tujuh lapis bumi akibat mengubah batas tanah atau mengambil tanah orang lain secara zalim

Sesuai hadits Rasulullah, jenis orang keempat ini akan disiksa dengan dikalungkan padanya tujuh lapis bumi akibat mengubah batas tanah atau mengambil tanah orang lain secara zalim