Fadhilah Membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk

 
Fadhilah Membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Semua Surat Al-Quran adalah istimewa. Siapa yang membacanya, meski tidak memahami arti yang terkandung di dalamnya, tetap akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sebab Al-Qura’an adalah Kalamullah yang selamanya akan dijaga oleh Allah dan tidak ada seorang pun yang dapat mengubahnya, meski satu huruf sekalipun.

Di dalam Al-Qur’an terdapat 114 Surat yang semuanya adalah istimewa. Namun, ada beberapa yang lebih istimewa. Namun, bukan berarti keistimewaan itu menegasikan yang lain, justru hal itu mengukuhkan kemukjizatan Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Di antara Surat Al-Qur’an yang memiliki keistimewaan lebih dibanding yang lainnya adalah Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk. Karena itu, tidak salah kalau dalam sebuah komunitas muslim tertentu ada yang mengamalkan pembacaan surat tersebut rutin setiap hari.

Lantas, apa sebenarnya manfaat dan keistimewaan dari membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk secara rutin? Berikut riwayatnya:

ﻋَﻦِ اﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ، ﻗَﺎﻝَ: ﺿَﺮَﺏَ ﺑَﻌْﺾُ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏِ اﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺧَﺒَﺎئَهُ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺒْﺮٍ ﻭَﻫُﻮَ ﻻَ ﻳَﺤْﺴَﺐُ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺒْﺮٌ، ﻓَﺈِﺫَا ﻓِﻴْﻪِ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٌ ﻳَﻘْﺮَﺃُ ﺳُﻮْﺭَﺓَ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ اﻟَّﺬِﻱْ ﺑِﻴَﺪِﻩِ اﻟْﻤُﻠْﻚُ ﺣَﺘَّﻰ ﺧَﺘْﻤِﻬَﺎ

"Ibnu Abbas berkata bahwa ada sebagian sahabat Nabi shalla Allahu alaihi wasallam memasang tenda di atas kuburan, dia tidak mengira itu kuburan. Ternyata di dalamnya ada seseorang yang membaca surat Tabarak hingga selesai."

Kemudian sahabat tersebut mengisahkan kejadian itu kepada Nabi. Dan Nabi Muhammad SAW bersabda:

ﻫِﻲَ اﻟْﻤَﺎﻧِﻌَﺔُ، ﻫِﻲَ اﻟْﻤُﻨْﺠِﻴَﺔُ، ﺗُﻨْﺠِﻴْﻪِ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَاﺏِ اﻟْﻘَﺒْرِ

"Surat Tabarak adalah surat yang mencegah dan menyelamatkan dari siksa kubur." (HR. Tirmidzi dan Baihaqi)

Keutamaan Surat Tabarak sebagai pencegah dari siksa kubur dinilai sebagai Hadis Hasan oleh para Pakar Hadis, sebagaimana dijelaskan di dalam Kitab Faidhul Qadir Syarh Al-Jami’ As-Shogir, jilid 4, hlm. 115.

(اِﺑْﻦُ ﻣَﺮْﺩَﻭَﻳْﻪٍ) ﻓِﻲْ ﺗَﻔْﺴِﻴْﺮِﻩِ (ﻋَﻦِ اﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮْﺩٍ) ﺭَﻣَﺰَ اﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻟِﺤَﺴَﻨِﻪِ ﻗَﺎﻝَ اﻟْﺤَﺎﻓِﻆُ اﺑْﻦُ ﺣَﺠَﺮٍ ﻓِﻲ ﺃَﻣَﺎﻟِﻴْﻪِ: ﺇِﻧَّﻪُ ﺣَﺴَﻦٌ

"(Terkait dengan Hadis Surat Tabarak, terdapat satu Hadis yang diriwayatkan) Ibnu Mardawaih dari Ibnu Mas'ud. Dan As-Suyuthi (penulis Kitab Al-Jami’ As-Shoghir) mengisyaratkan status Hadis tersebut dinilai hasan. Sedangkan Al-Hafidh Ibnu Hajar mengatakan dalam Kitab Amali bahwa statusnya adalah Hadis Hasan."

Sementara itu, di halaman yang sama dari keterangan di atas, penulis Kitab Faidhul Qadir Syarh Al-Jami’ As-Shogir, Al-Munawi menyatakan dengan istinbath (penggalian hukum) terkait Hadis keistimewaan Surat Tabarak, sebagaimana berikut:

ﻟَﻮْ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﺇِﺫَا ﻗُﺮِﺋَﺖْ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺒْﺮِ ﻣَﻴِّﺖٍ ﻣَﻨَﻌَﺖْ ﻋَﻨْﻪُ اﻟْﻌَﺬَاﺏَ ﻭَﻳُﺆْﺧَﺬُ ﻣِﻨْﻪُ ﻧَﺪْﺏُ ﻣَﺎ اُﻋْﺘِﻴْﺪَ ﻣِﻦْ ﻗِﺮَاءَﺓِ ﺧُﺼُﻮْﺹِ اﻟﺴُّﻮْﺭَﺓِ ﻟِﻠﺰُّﻭَّاﺭِ ﻋَﻠَﻰ اﻟْﻘُﺒُﻮْﺭِ

"Jika Surat Tabarak dibaca di dekat kubur orang yang wafat, bisa menjauhkan dari siksanya, maka dari sini dianjurkanlah membaca Al-Qur'an khususnya surat ini bagi para peziarah kubur."

Demikian penjelasan singkat tentang keutamaan membaca Surat Tabarak atau Surat Al-Mulk. Silakan mengamalkan agar mendapatkan keberkahannya.

Semoga bermanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 13 Februari 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Ust. Ma'ruf Khozin

Editor: Hakim