Negeri Yaman Juga Peringati Haul Abon Aziz Samalanga Ke-30

 
Negeri Yaman Juga Peringati Haul Abon Aziz Samalanga Ke-30

 

LADUNI.ID,INTERNASIONAL-Wadah Silaturahmi Aceh-Hadhramaut, Yaman (WASILAH) kembali menggelar event ngalap berkah, yaitu memperingati haul Syekh H. Abdul Aziz bin M. Saleh yang ke-30, Kamis (14/02/2019)

Abon Aziz  Samalanga atau yang akrab disapa Abon Masjid Raya Samalanga adalah pimpinan Dayah MUDI (Ma’had Ulum Diniyah Islamiyah) Masjid Raya Samalanga, Bireuen dari tahun 1964-1989 M.

Acara haul ini adalah haul pertama kali diadakan pelajar Aceh di Hadhramaut, Yaman, diadakan sebagai bentuk rasa cinta para murid terhadap sang gurunya. Selain itu, acara haul ini juga bertujuan untuk mengenang jasa Abon dalam memperjuangkan panji ilmu di seantero Aceh.

Acara berlangsung di Apartemen Bin Aqil, Tarim, Hadhramaut, Yaman. Turut hadir dalam acara haul tersebut Habib Ahmad Al Mujtaba, salah satu guru senior lembaga pendidikan Islam Darul Mustafa dan beberapa Habaib lainnya.

Kegiatan dimulai setelah salat Zuhur berjamaah. Serangkaian acara meliputi pembacaan Samadiyah dan Tahlilan, pembacaan surah Yasin, sambutan pelajar Aceh di Hadhramaut, pemutaran video singkat haul Abon Aziz di Aceh dan pembacaan riwayat hidupnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan Habib Al Mujtaba.

Dalam sambutannya, guru senior Darul Mustafa itu mengajak pelajar Aceh untuk meneruskan perjuangan Abon Aziz dalam doktrin ‘Beut-Semeubeut’ (Belajar-Mengajar) dan mensyiarkan Agama sesuai dengan yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah, rangkaian acara berjalan tertib dan lancar hingga berakhir dengan doa dan foto bersama. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dengan masakan khas Aceh.

Ketua panitia acara, Tgk. Hasanul Bashri, MA berharap agar acara haul seperti ini akan terus diperingati di tahun-tahun selanjutnya, dengan tujuan agar tertanam rasa cinta dan ikatan kuat antara murid dan gurunya.

Semoga acara memperingati haul Syekh H. Abdul Aziz bin M. Saleh Al Mantiqi ini bisa terus eksis berjalan kedepannya.

Pelajar Aceh di Hadhramaut, Yaman menyelenggarakan acara haul ini semata-mata sebagai bentuk cinta dan kerinduan kepada Almarhum Guru Mulia Syeh H. Hanafiah bin Abbas dan Syekh H. Abdul Aziz bin M. Saleh Al Mantiqi  secara khusus dan teruntuk seluruh masyarakat Aceh lainnya secara umum.

“Semoga dengan diadakan haul ini, kami WASILAH Yaman selalu ada ikatan sebagai seorang murid dengan sang guru,” ungkap pelajar lembaga Ma’had Aydrus, Tarim, Yaman itu