Ini Daftar Sembilan Kampus NU Terbaik

 
Ini Daftar Sembilan Kampus NU Terbaik

LADUNI.ID, Bandung - Sembilan (9) kampus di lingkungan Nahdlatul Ulama mendapat piagam dari penetapan yang dilakukan Lembaga Pendidkan Tinggi Nahdlatul sebagai kampus yang maju berdasarkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Adapun sembilan PTNU tersebut mendapat piagam penghargaan yang diberikan Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir pada Rapat Koordinasi Nasional LPTNU di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Sabtu (17/2) kemarin.

Adapun nama kampus-kampus tersebut adalah sebagai berikut.

  1. UNU Surabaya
  2. Universitas Islam Malang
  3. Universitas Wahid Hasyim Semarang
  4. Universitas Islam NU Jepara
  5. UNULampung
  6. Universitas Sains Al Quran Wonosobo
  7. UNUAl Ghazali Cilacap
  8. UNU Sidoarjo
  9. UNU Surakarta

Mengenai hal ini, Wakil Ketua LPTNU Muhammad Afifi mengatakan bahwa kriteria penghargaan bagi Perguruan Tinggi tersebut dinilai baik dalam penjaminan mutu internal maupun eksternal. Kriterianya berdasarkan penilaian standar penjaminan mutu Kemristek Dikti yang sudah dirangking secara nasonal.

Selain itu, Afifi juga menambahkan, LPTNU berkomitmen akan meningkatkan terus mutu pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama. Hal ini sesuai permintaan Ketua LPTNU yang juga Menteri Riset Dikti. 

Dia menyebut bahwa upaya-upaya tersebut, telah dilakukan sejak 2015 melalui klinik akreditasi. Misalnya bagi perguruan tinggi yang belum terakreditasi, didorong menjadi terakreditasi. Yang terakreditasi C didorong menjadi B. Yang B didorong menjadi A. 

Dalam Rakornas bertema Strategi Penguatan Kelembagaan PTNU dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ini dimulai sejak Jumat (15/2) dan berakhir Ahad (17/2) hari ini.

Pada Rakornas ini, dihadiri 257 PTNU seluruh Indonesia, yang terdiri dari rapat komisi, rekomendasi, serta beberapa seminar tentang pengutan SDM PTNU, sosialisasi percepatan guru besar bagi dosen.