Pesantren Nurul Haromain Malang

Pesantren Nurul Haromain Malang

Profil
Pesantren Nurul Haromain adalah nama salah satu pondok pesantren di Ngroto Pujon Malang, yang berdiri pada tahun 1987, namun baru ditempati pada tahun 1991. Pada tahun ini pula dibuka pendaftaran santri sebanyak sebelas orang dengan sembilan santri yang diterima.

 Pondok pesantren ini dibangun atas permintaan Abuya Maliki yang mendapatkan bisyaroh dari Rasullullah untuk membangun sebuah pondok pesantren. Sebelum pesantren didirikan di Pujon Malang sebagai tempat pilihan terakhir, abuya dan K.H. Ihya' Ulumuddin telah menelusuri setiap sudut Kota apel ini, akhirnya terpilihlah Pujon sebagai tempat yang dirasa tepat untuk dibangun pesantren di sana.

Dengan bermodalkan tekat dan usaha yang keras, Allah meridhai berdirinya pondok pesantren ini yang memakan waktu kurang lebih empat tahun lamanya.

Pesantren Nurul Haromain tidak hanya mengajarkan santri ilmu agama saja, namun juga membekali santri ilmu-ilmu lain. Seperti cara berwirausaha, mengoperasikan barang elektronik seperti radio, ataupun kegiatan bermanfaat yang lainnya. Hal tersebut bertujuan agar santri bisa menjadi seorang kyai yang multitalenta.
 
Setiap hari kamis, jumat dan sabtu, setiap santri mendapat jadwal bergilir untuk berdakwah di lima belas titik tertentu dan tiga belas TPQ di sekitar Pujon.
 
Pondok pesantren juga mempunyai jadwal kegiatan tahunan yang dilaksanakan dua kali setahun. Yaitu ABS (Amal Bakti Santri) yang diperuntukkan bagi santri baru sebagai tajribiyah (percobaan santri). Acara ABS di antaranya seperti; pemotongan qurban massal, khitan massal, training jenazah, dan training al Qur'an.
 
 ABS ini cukup menghabiskan banyak biaya, kurang lebih 40 hingga 50 juta. Sasaran dakwah ABS ini lebih dominan di tempat yang agamanya bercampur atau yang tidak ada masjid dan pesantren di dalamnya. Acara ABS ini bertujuan agar masyarakat mengenal Islam lebih dalam terutama di daerah pedalaman. Khususnya yang mayoritas penduduknya tidak beragama Islam.

Pendidikan
1. PAUD
2. TK
3. SD IT
4. SMP
5. SMK
6. Madrasah Diniah
7. Ma'had

Fasilitas
1. Asrama Pesantren
2. Gedung Sekolah dan Kampus milik sendiri
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. Pos Kesehatan
6. Tempat Ibadah
7. Aula
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Pesantren
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah

 
Ekstrakurikuler
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga
17. Kaligrafi
18. Qasidah
19. Beladiri
20. Paskibra

Alamat
Jl. Brigjen Abdul Manan Wijaya No.141, Ngroto, Pujon, Lebaksari, Ngroto, Pujon, Malang, 65391

Telp: 081850002

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Nurul Haromain Malang