Pesantren Sindangsari Al-Jawami Kab Bandung

Pesantren Sindangsari Al-Jawami Kab Bandung

Profil
Pesantren Sindangsari Al-Jawami didirikan pada tanggal 03 Mei 1931 oleh Asy-syaikh K.H Muhammad Sudjai (Almarhum) dengan nama asalnya Pesantren “Sindangsari” Inisiatif K.H. Muhammad Sudja’i ini mendapat dukungan dari ayah beliau yaitu KH. Muhammad Ghazali dan dukungan paman beliau yaitu H.Tamim serta saudara-saudara beliau, yaitu K.H. Saeroji dan K.H. Dimyati.

Pesantren “Sindangsari” merupakan pesantren tradisional yang cukup terkemuka di Jawa Barat, sehingga sampai saat ini sudah melahirkan ribuan alumni dari tahun 1931. Mereka pada umumnya menjadi ulama-ulama di berbagai pelosok di Jawa Barat, dan diantaranya tidak sedikit yang menjadi pejabat pemerintahan dan menjadi pengusaha terkemuka.

Pada tahun 1960-an pembangunan ditingkatkan dengan dibentuknya Panitia Pembangunan Pesantren, antara lain Bapak H.Djunaedi sebagai ketua pembangunan, Bapak H.R. Totoh Abdul Fatah, salah seorang menantu menjadi wakil ketua, Bapak H. Shaleh sebagai sekertaris, dan tokoh-tokoh lainnya seperti R.H yahya sebagai seksi usaha dana. Pembangunan yang meliputi fisik madrasah yang besar dan masjid dalam pembangunan kedua yang hasilnya lebih baik dibanding dengan pembangunan pertama pada tahun 1931.

Sesuai dengan kebutuhan dan untuk meningkatkan syi’ar Al-Jawami, masjid pada pembangunan ketiga dengan khas adanya menara yang tinggi menjulang dengan gambar sketsanya dibuat oleh arsitek muda, sekaligus sebagai pelaksana pembangunan yaitu Endang Rachmat.

Pembangunan Masjid ketiga dan madrasah besar dipimpin oleh K.H.R Totoh Abdul Fathah dibantu oleh saudara-saudaranya seperti Bapak H.Djaenudin, Bapak K.H. Manshur, Bapak K.H. E. Rachmat, Bapak. K.H Atjep Rachmat, Bpk. K.H. Aceng Dahlan, dan Bapak K.H  Ade abdul Manaf.

Pada tahun 1977 bersamaan dengan diselenggarakannya lembaga pendidikan formal, nama Pesantren “Sindangsari” ditingkatkan dengan nama Pesantren Sindangsari Al-Jawami Cileunyi Bandung Al-Jawami memiliki pengertian “lengkap dan universal”. Nama ini juga diambil dari nama sebuah kitab yang disenangi beliau,sesepuh pesantren, yaitu kitab Ushul Fiqih “Jamul Jawami” Beliau senang dengan nama itu dan peletakan batu pertama Madrasah Aliyah langsung oleh beliau disaksikan oleh Bapak K.H A. Kunaefi, Gubernur Jawa Barat dan H.R. Moch. Yogi S.M, Panglima KODAM III Siliwangi.

Pendidikan
a. Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Jawami
b. Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Jawami
c. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Jawami
d. Madrasah Aliyah (MA) Al-Jawami
e.
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Jawami

Fasilitas
1. Asrama Santri
2. Gedung Sekolah
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. Pos Kesehatan
6. Tempat Ibadah
7. Aula
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Pesantren
12. Perpustakaan
13. koperasi Pesantren
14.Gudang

Ekstrakurikuler
a. Gerakan Pramuka;
b. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra);
c. Olah raga : Sepak bola, Volly ball, basket ball, tennis meja, bulu tangkis dan lain-lain;
d. Kesenian: kasidah, vocal group, karawitan (degung), nasyid dan lain-lain.

Alamat
Komp. PonPes Sindangsari Al – Jawami Sindangsari RT.03 RW.21, Desa Cileunyi Wetan, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Sindangsari Al-Jawami Kab Bandung