Ini Pesan Ketua HkTI Kalbar Kepada AGRA Sambas yang Baru Terbentuk

Ini Pesan Ketua HkTI Kalbar Kepada AGRA Sambas yang Baru Terbentuk

LADUNI.ID, SAMBAS - Wakil Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kalimantan Barat, Nugra Irianta Denashurya mengapresiasi terbentuknya Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Cabang Kabupaten Sambas.

Apresiasi Calon Anggota DPRD Provinsi Kalbar ini disampaikannya saat Deklarasi AGRA Cabang Kabupaten Sambas, di Sambas, Sabtu 9/3.

Deklarasi ini bertajuk “Membangun, Memperkuat dan Memperluas Organisasi Tani-nelayan yang Militan sebagai Sekolah Rakyat dalam Perjuangan Hak atas Tanah dan Mewujudkan Kedaulatan Pangan dengan Jalan Agraria”

AGRA ini, jelas Nugra, merupakan organisasi rakyat, khususnya bagi para petani, yang telah berjuang atas hak-haknya sebagai petani.

“Dengan terbentuknya AGRA Kabupaten Sambas ke depan dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam memajukan petani di Kabupaten Sambas. Terlebih lagi Kabupaten Sambas sebagian besar masyarakatnya adalah petani,” papar Nugra.

Salah satu upaya untuk memajukan petani, di antaranya dengan mendongkrak Nilai Tukar Petani (NTP) yang saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan sebelumnya.

“Persoalannya, harga komoditas petani yang turun, tidak sebanding dengan kebutuhan hidup yang tinggi. Hal berpengaruh terhadap NTP ,” ungkap Nugra.

Oleh sebab itu, ia berharap, dengan adanya AGRA di Kabupaten Sambas, akan menjadi jembatan bagi petani untuk bersatu secara bersama-sama dalam memperjuangkan hak-hak petani.