Anjuran Memperbanyak Baca Istighfar di Bulan Rajab

 
Anjuran Memperbanyak Baca Istighfar di Bulan Rajab
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Rajab adalah bulan yang sangat istimewa. Bulan ini merupakan bulan mulia menjelang kita menyambut bulan Ramadhan. Banyak anjuran untuk memanfaatkan keutamaan bulan Rajab dengan berbagai amal baik, di antaranya adalah dengan berpuasa dan banyak berdzikir kepada Allah SWT, khususnya dengan membaca istighfar.

Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds dalam Kitab Kanzun Najah was Surur fil Ad’iyah allati Tasyrohus Shudur menyebutkan bahwa selain memperbanyak bacaan istighfar pada umumnya, kita juga sangat dianjurkan untuk membaca Sayyidul Istighfar, sebagaimana kalimat yang dibaca oleh Rasulullah SAW. 

Berikut teks Sayyidul Istighfar:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang patut disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu dan di atas ikatan janji-Mu yang aku jalankan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala perbuatan jelek yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu. Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Selanjutnya menurut Syaikh Hamid bin Muhammad bin Ali Quds, Sayyidul Istighfar ini disunahkan untuk dibaca sebanyak tiga kali di waktu pagi hari dan sore hari di bulan Rajab.

Semoga bemanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 11 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Moh. Juriyanto

Editor: Hakim