Pesantren Nailul Ula Sleman

Pesantren Nailul Ula Sleman
Profil
Pesantren Nailul Ula merupakan pesantren yang diperuntukkan untuk alumni santri dan mahasiswa. Maksudnya, pesantren yang dihuni oleh lulusan pondok pesantren dari berbagai daerah yang yang sekarang sedang melanjutkan studinya di beberapa perguruan tinggi di Yogjakarta, diantaranya: UGM, AMIKOM, UIN, UII, UNY.
Nailul Ula sendiri didirikan oleh  Almarhum KH Drs. Aliy As’ad, MM. Kiai Ali As'ad merupakan alumnus Pesantren Krapyak, Yogyakarta. Ia juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI. Selama hidupnya, bapak empat anak ini telah menulis banyak karya. Di antaranya, Syarh Ibn Aqil 'ala Alfiyah Ibn Malik dan buku Manaqib Simbah KH Muhammad Munawwir.
Banyak kitab yang dikaji di pesantren ini, mulai dari pengajian Al-Qur’an, pengajian kitab kuning (seperti Riyadhus Solihin, Alfiyah, dll), dan juga diskusi tematik yang sering dilaksanakan usai pengajian. Nailul Ula sendiri beralamat di Jln.Plosokuning Raya no.81 III Minomartani Ngaglik Sleman. Selain itu, Nailul Ula Center juga merupakan basecamp dari organisasi LPQ BINAA AKHLAQ, Nisaul Quro dan Pengajian Al Hikam yang berdomisili di Ploso Kuning juga.
 

Riwayat Pengasuh
1. KH Drs. Aliy As’ad, MM
2.

Pendidikan
1. Madin
2. Tahfidzul Qur'an

Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran disini tidaklah sepadat di pesantren pada umumnya, karena memang disesuaikan dengan kegiatan santri yang rata-rata aktifis kampus. Di NUC diharapkan para santri menjadi Mahasiswa yang berkembang dalam dunia Islam maupun dunia global pada umumnya. NUC juga menyediakan wadah (read–ekstrakulikuler) yang juga mendukung untuk para santri mengeksplorasikan diri.contohnya: seni Rebana, English Club, dan juga secara default menjadianggota LPQ BINAA AKHLAQ yang nanti kita bisa mengamalkan ilmu yang kita peroleh kepada masyarakat luas.

Fasilitas
1. Asrama Santri
2. Pesantren
3. Perpustakaan
4. Kantor
5. Tempat Ibadah
6. Aula
7. Tempat Parkir
8. Kamar Mandi/MCK
9. koperasi Pesantren
10. Gudang
11. Laboratorium Bahasa

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Musyawarah Ma’hadiyah
4. Diskusi Ilmiah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Hadrah/Rebana
7. Pengembangan Berbagai Olahraga
8. Keterampilan Wirausaha
9. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
10. English Club
11. Latihan berpidato
 

Alamat
Jln.Plosokuning Raya no.81 III Minomartani Ngaglik Sleman

Telepon: (0274) 884186

Kode Pos: 55581

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Nailul Ula Sleman