Penyerahan dan Sosialisasi Sertifikat Tanah Wakaf di Pidie

Penyerahan dan Sosialisasi Sertifikat Tanah Wakaf di Pidie

LADUNI.ID | ACEH - Pemerintah Kabupaten Pidie sangat mendukung program pendaftaran tanah sistematis lengkap. Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) pada acara penyerahan dan sosialisasi sertifikat tanah wakaf,  di pendopo Bupati Pidie, Rabu (13/3/2019).

"Dan ini dukungan Pemerintah Kabupaten Pidie mengenai pensertifikatan tanah tersebut dibuktikan dengan kegiatan penyerahan dan sosialisasi hari ini yang bekerja sama dengan badan pertanahan Nasional Kabupaten Pidie," ungkap Bupati.

Tanah merupakan salah satu aset yang harus dapat di kelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu, Abusyik begitu dia sapa mengatakan inilah fungsi dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap yang merupakan program strategis nasional pendaftaran tanah sistematis lengkap ini juga berfungsi untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi.

"Alhamdulillah Kabupaten Pidie pada tahun 2018 telah menerima sertifikat tanah sebanyak 7500 lembar sertifikat, dan  tahun ini 2019 mengalami kenaikan menjadi 13000 lembar," sebut Bupati Pidie, Roni Ahmad dalam sambutanya.

Pada kesempatan tersebut, ia  mewakili masyarakat Kabupaten Pidie mengucapkan terima kasih kepada
Menteri Agraria dan Tata Ruang republik Indonesia.

"Untuk diketahui, sertifikat tanah dan wakaf ini tentu sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum dan ini otomatis akan mengurangi sengketa yang terjadi terjadi," kata Roni.

Bahkan, pada kesempatan itu juga dihadapan Menteri ATR, Roni memohon dukungan untuk disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo tentang beberapa hal.

"Menghibahkan tanah pembangunan Masjid Al-falah menjadi milik pemerintah Kabupaten Pidie, Mengalih fungsikan kawasan hutan untuk pengembangan satelit Cot dengan kami dan masyarakat Kabupaten Pidie," pungkasnya.