Dua Tanggal yang Hanya Diingat Gus Mus

 
Dua Tanggal yang Hanya Diingat Gus Mus

LADUNI.ID, Jakarta - Hari ini, tepat pada tanggal 20 maret 2019, KH. Ahmad Mustofa Bisri, atau kyai yang kerap disapa Gus Mus tersebut memperingati hari lahir sang istri tercinta, Nyai Hj. Siti Fatma. Sosok wanita yang menurutnya sederhana tersebut dilukiskan lewat tulisannya yang diunggah melalui Facebooknya hari ini. Lewat unggahannya, Gus Mus mengatakan bahwa hanya 2 tanggal yang diingatnya tanpa harus membuka catatan yakni tanggal lahir manusia agung, Nabi Muhammad SAW dan sosok wanita yang dicintainya, Nyai Hajjah Siti Fatma. Berikut ulasan tulisannya.

Tanpa catatan, aku hanya hafal Dua tanggal: (1) tanggal 20 Maret, tanggal lahir pribadi sederhana mendiang isteriku, Siti Fatma --rahimahãLlãhu ta'alä-- dan (2) tanggal 12 Rabi'ul Awwal, tanggal kelahiran Pribadi Agung Nabi Muhammad --shallaLlãhu 'alaihi wasallam-- Idola almarhumah dan kita pada umumnya.

Tepat pada tanggal 30 Juni tahun 2016 silam, Nyai Hj. Siti Fatma Istri mantan Rois Aam PBNU KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) menghembuskan nafas terakhinya saat menjalani perawatan di RSUD dr R. Soetrasno Rembang, Jawa Tengah, pada kamis siang.

Dari pernikahannya dengan perempuan kelahiran 20 Maret 1950 itu, Gus Mus memiliki tujuh anak, yang terdiri dari enam putri (Ienas Tsuroiya, Kautsar Uzmut, Raudloh Quds, Raabiatul Bisriyah, Nada, Almas) dan satu putra (Muhammad Bisri Mustofa), juga enam menantu dan 13 cucu.