Ribuan Orang Ikut Shalat Jum'at Setelah Aksi Teror di Selandia Baru

 
Ribuan Orang Ikut Shalat Jum'at Setelah Aksi Teror di Selandia Baru

LADUNI.ID, Selandia Baru - Diperkirakan ribuan muslim Selandia Baru akan mengikuti Shalat Jum'at (22/3) yang akan dipimpin oleh imam masjid yang diserang oleh pelaku supremasi kulit putih.

Seperti dikutip oleh kantor berita Associated Press, Imam Gala Fouda memperkirakan sekitar tiga sampai empat ribu muslim akan mengikuti shalat Jum'at besok, juga muslim dari luar Selandia Baru. Selain itu Komunitas muslim di Kota Christchurch mereka juga akan mengikuti upacara pemakaman.

Imam Gala Fouda juga mengatakan ia sudah membahas rencana shalat jum'at yang akan dilaksanakan besok dengan para pejabat kota dan anggota parlemen. Sedangkan tempat pelaksanaan shalat jum'at itu di Hagley Park yang merupakan satu ikon kota itu yang terletak di seberang Masjid Al-Noor yaitu masjid tempat korban terbanyak.

Sementara itu Masjid Al-Noor sedang dalam proses perbaikan. “Mereka akan mengubur karpet masjid karena penuh darah dan sudah terkontaminasi,” ujar Imam Gala Fouda. Ia juga berharap masjid itu bisa dibuka kembali minggu depan. Ditambahkan, banyak pekerja yang menawarkan diri untuk memperbaiki masjid tanpa dibayar, “Dukungan warga Selandia Baru sangat luar biasa,” ujarnya haru.

Merunut keluarga korban, mereka masih menunggu kabar dari otorita berwenang sampai dapat mengambil jenazah anggota keluarga mereka untuk dimakamkan. Komisaris polisi Mike Bush mengatakan mereka secara resmi telah mengidentifikasi 21 jenazah dan mengizinkan keluarga untuk mengambilnya.