INAIFAS Kencong Jember

INAIFAS Kencong Jember

PROFIL
Ketika melakukan visitasi kelembagaan, 19 tahun silam, Prof. Dr. KH. A. Djabbar Adlan, Ketua Kopertais IV Jawa Timur, pernah menyatakan optimismenya. Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya ini menilai apabila secara ideologis serta geografis-sosiologis-kultural, kampus Sekolah Tinggi al-Falah Assunniyyah (STAIFAS) memiliki prasyarat untuk menjadi salah satu kampus terdepan di wilayah Jember, maupun di wilayah Jawa Timur.

Secara ideologis, menurut putra KH. Adlan Aly ini, STAIFAS memiliki karateristik sebagai kampus hijau, alias identik dengan ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah. Sebab, selain bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember, para dosen juga banyak yang secara ideologis-kelembagaan berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama.

Prasyarat ini merupakan bagian tak terpisahkan dari penunjang keberadaan kampus ini. Apalagi, menurut Prof Djabbar, faktor geografis-sosiologis-kultural juga turut menjadi faktor penopang yang belum tentu dimiliki oleh kampus swasta lain. Misalnya, secara geografis, STAIFAS yang saat ini berubah menjadi Institut Agama Islam al-Falah Assunniyyah (INAIFAS) ini, berada di wilayah Jember selatan yang berbatasan dengan Kab. Lumajang. Hal ini menjadi poin unggulan tersendiri, sebab di wilayah ini belum ada kampus Islam terkemuda yang bisa melayani akses pendidikan tinggi. Keberadaan INAIFAS menjadi salah satu unsur penopang pendidikan sekaligus juga menyerap banyak para pemuda untuk menjadi mahasiswa di lembaga ini.

Secara sosiologis, basis rural agraris menempatkan kampus ini sebagai bagian tak terpisahkan dari para penduduk sekitar Jember Selatan yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan petani. Sedangkan secara kultural, kampus ini berada di lingkungan masyarakat yang bersuku Jawa dan Madura yang secara ideologis lebih dekat dengan kultur keagamaan ala Nahdlatul Ulama.

Hingga saat ini, terdapat tiga lokasi kampus perjuangan ini. Kampus induk berada di Jl. Semeru 09 Kencong. Terdiri dari dua gedung berlantai dua dan satu musala, kampus ini menjadi sentra pelayanan akademik dan administratif serta menjadi tempat perkuliahan mahasiswa Prodi PAI, baik regular maupun beasiswa Madrasah Diniyah; Ekonomi Syariah (ES), Bimbingan Konseling Islam (BKI), dan Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah (PGMI).

Sedangkan kampus II menempati gedung dua lantai yang terletak di dalam komplek Pondok Pesantren Assunniyyah. Perkuliahan mahasiswa Prodi Ahwalus Syakhsiyyah (AS) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) putra dilaksanakan di gedung ini. Sedangkan bagi mahasiswi jurusan AS dan PBA, maka perkuliahan dilaksanakan di gedung yang terletak di komplek pesantren putri PP. Assunniyyah

Adapun kampus III terletak di desa Jombang, di Jl. Raya Jember-Lumajang. Di dalam Kampus III ini  terdapat komplek Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) tiga lantai.

PROGRAM STUDI
1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Ekonomi Syariah (ES)
3. Bimbingan Konseling Islam (BKI)
4. Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah (PGMI)
5. Ahwalus Syakhsiyyah (AS)
6. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

ALAMAT
Kampus Induk I
Jl Semeru No. 09 Kencong Jember.
Kampus II
Pondok Pesantren Assunniyyah
Kampus III
Jl. Raya Jember-Lumajang

Telepon:   (0336) 324525
Kode Pos: 68167

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://inaifas.ac.id
Email: admin@inaifas.ac.id


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni INAIFAS Kencong Jember