Bulan Rajab #11: Bulan Haram Termasuk Rajab, Benarkah?

 
Bulan Rajab #11: Bulan Haram Termasuk Rajab, Benarkah?

LADUNI. ID, HIKMAH-BULAN RAJAB termasuk diantara bulan haram dan ini di jelaskan dalam al-quran dengan bunyi ayat: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa”.(QS. At Taubah : 36)

Diantara bulan haram selain Rajab berupa Dzulqa’dah,Dzulhijjah dan Muharram,ini di pertegas dalam hadist Rasulullah Saw berbunyi

““Sesungguhnya zaman telah beredar sebagaimana yang ditentukan di waktu Dia menciptakan langit dan bumi,dalam setahun terdapat dua belas bulan diantaranya empat bulan haram; tiga bulan diantaranya berurutan, (keempat bulan haram itu adalah) Dzulqa’dah, Dzulhijjah Muharram dan Rajab bulan Mudhar yang berada diantara Jumada (Akhirah) dan Sya’ban” (HR. Bukhari dan Muslim)

Alasan Penamaan Bulan Haram

Dalam penamaan (wajah tasmiah)di namakan bulan haram, di sini dikalangan  ulama terjadi kontroversi pendapa mengapa keempat bulan tersebut dinamakan dengan bulan haram, di sini dapat di simpulkan dua qaul (pendapat)

Qaul Pertama

Para ulama menamakan bulan-bulan haram karena peperangan diharamkan pada bulan-bulan tersebut dan hal ini sudah dikenal sejak zaman Jahiliyah bahkan konon sejak zaman Nabi Ibrahim alaihis salam. Dalam Al Quran Allah telah menyebutkan haramnya berperang di bulan-bulan haram,:“Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram. Katakanlah: "Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangi (manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) Masjidilharam dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) di sisi Allah. Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh...(QS. Al Baqarah : 217).

Qaul Kedua

Dalam hal ini sebagian ulama menamakan bulan haram dikarenakan besarnya kehormatan dan keagungan bulan-bulan tersebut serta besarnya akibat dari dosa yang dilakukan padanya. Abdullah bin Abbas ra berkata, “Allah mengkhususkan empat bulan yang dijadikannya sebagai bulan-bulan haram, kehormatannya sangat agung, dosa-dosa pada bulan tersebut lebih besar (dari bulan-bulan lainnya) dan Dia menjadikan amal sholeh dan pahalanya (di bulan tersebut) juga lebih besar” .

Sementara itu dalam pandangan salah seorang mufassir dari kalangan tabi’in yang bernama Qatadah bin Diamah As Sadusi ketika menjelaskan makna firman Allah di surat At Taubah ayat 36, “...maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu...”, beliau berkata, “Amalan sholeh di bulan-bulan haram lebih besar pahalanya sebagaimana perbuatan menganiaya lebih besar dosanya di bulan-bulan haram walaupun secara umum di bulan mana saja perbuatan menganiya adalah dosa besar” (lihat kitab Tafsir Al Baghawi).

 

***Helmi Abu Bakar ellangkawi , Guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga