Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan yang Mudah Didapat di Rumah

 
Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan yang Mudah Didapat di Rumah

LADUNI.ID | -  Masalah rambut rontok sudah hampir dialami oleh setiap orang, baik wanita maupun pria. Terdapat beberapa penyebab munculnya rambut rontok, yaitu :  kekurangan vitamin, stres hingga faktor usia atau bisa juga disebabkan oleh seringnya penggunaan bahan kimia pada rambut. 

Berikut terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah dan menghentikan rambut rontok. 

1. Minyak kelapa 
Minyak kelapa bisa dioleskan sebelum atau sesudah keramas tergantung kondisi kulit kepala.
Jika kulit kepala berminyak, maka bisa menggunakannya beberapa jam sebelum keramas. Minyak kelapa sudah dipercaya turun-temurun mengurangi rambut rontok. Gselain itu juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau. 

2. Minyak pepermin 
Minyak pepermin dipercaya efektif meningkatkan pertumbuhan rambut dan biasa dijadikan obat kerontokan rambut secara alami dengan penggunaan yang rutin. Berdasarkan penelitian dari US National Library of Medicine, minyak esensial pepermin dapat meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut. Sehingga rambut dapat tumbuh secara lebat dari dalam.Cara mengggunakannya minyak pepermin dapat diusapkan langsung ke kulit kepala.


3. Lidah buaya 
Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang populer di kalangan masyarakat. karena manfaat lidah buaya yang begitu banyak di dalam dunia kesehatan dan kosmetik. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang efektif mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan. cara pemakaiannya yaitu dengan mengupas lidah buaya dan menggosoknya ke rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. 


4. Minyak zaitun
Minyak zaitun tidak hanya efektif dalam mengatasi rambut rontok, namun juga untuk mengatasi rambut kering, bercabang dan dapat mengembalikan warna alami rambut. Cara menggunakannya cukup mengusapnya langsung ke rambut dan kulit kepala sembari dipijat dengan lembut. Lakukan saat malam hari dan bersihkan keesokan paginya. 

5. Minyak kemiri
Minyak kemiri tidak hanya sebagai penyedap masakan, namun juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut, mengatasi kebotakan dan menghitamkan rambut. cara menggunakannya yaitu dengan membakar kemiri kemudian menghluskan kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyaknya. Minyak tersebut kemudian diusapkan di kulit kepala yang mengalami kerontokan dan botak. selain di kulit kepala,  minyak kemiri juga dapat digunakan area alis untuk melebatkan alis mata.