Bahaya Kanker Akibat Banyaknya Mengkonsumsi Minuman Bersoda yang Mengandung Kadar Gula Cukup Tinggi

 
Bahaya Kanker Akibat Banyaknya Mengkonsumsi Minuman Bersoda yang Mengandung Kadar Gula Cukup Tinggi

LADUNI.ID| - Banyak penelitian yang telah menyatakan bahwa minuman bersoda berdampak sangat buruk terhadap kesehatan tubuh. 

Dikutip dari NY Post, Baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda yang manis dapat menimbulkan munculnya kanker usus. Pada uji coba penelitian ini menggunakan seekor tikus yang mengalami kanker usus selama delapan bulan yang mendapat sejumlah takaran sirup jagung tinggi fruktosa yang setara dengan minuman yang dijual di pasaran.

Seorang peneliti bernama Weill Cornell  melakukan pengujian terhadap seekor tikus. Peneliti menyebutkan bahwa dosis yang diberikan ini sebagai biang keladi munculnya tumor usus yang lebih besar pada tikus. Hal ini tampak ketika dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi sirup tersebut.

Hasil penelitian ini dipublikasikan pada jurnal kesehatan Science. Weill Cornell juga menyatakan bahwa penelitian ini perlu dilanjutkan untuk mengetahui apakah konsumsi sirup jagung tinggi fruktosa dapat memicu pertumbuhan tumor di usus manusia.

Berdasarkan hasil penelitian mereka, maka para Peneliti menganggap bahwa orang dengan kanker usus atau yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tersebut sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti minuman bersoda.