Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Lebih Ekspresif Pada Keluarga?

 
Konsultasi Psikologi: Bagaimana Cara Lebih Ekspresif Pada Keluarga?

Assalamu’alaikum wr wb
Saya,laki-laki umur 43 tahun dan punya anak 3. Saya tinggal di Bogor. Saya ingin bertanya, mengapa saya merasa ada perbedaan cara menghadapi keluarga dan orang lain? Saya merasa bisa lebih ramah dan ekspresif ketika berhadapan dengan orang lain tapi dengan keluarga saya lebih cuek dan terkesan kurang ramah. Ini saya alami ke keluarga besar atau ke anak istri.

Bahkan istri saya juga menilai hal yang sama. Saya merasa gak lepas aja ketika bersikap dengan keluarga. Maksudnya saya jadi terkesan ga bisa guyon kalau ke keluarga. Padahal kalau di luar rumah saya bisa bercanda dengan orang lain. Itu kenapa ya? Mungkin ada saran juga saya harus gimana gitu? Terima kasih Pak..
Wassalamu’alaikum wr wb
A di Bogor

Jawaban:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saudara A yang berbahagia….Terima kasih atas kesediaannya berbagi dengan kami. Tampaknya memang kalau dari cerita Anda, ada gap yang cukup besar dalam sikap Anda ketika menghadapi keluarga dan orang lain. Tentunya masalah tersebut tidak hanya membawa masalah bagi Anda tapi juga bagi orang terdekat Anda. Apalagi mereka melihat perbedaan sikap Anda ketika sedang di luar rumah.

Seolah-olah Anda terkesan menjadi orang yang ramah dan baik ketika di luar sebaliknya ketika di rumah justru Anda terkesan tidak ramah dan cuek. Bisa jadi Anda yang sebenarnya adalah Anda yang bersikap seperti di rumah. Kenapa? Karena ketika di rumah dan di tengah keluarga, Anda merasa lebih aman secara psikis sehingga Anda lebih bebas untuk bersikap. Apapun sikap yang Anda tunjukkan tidak akan mendapatkan penolakan dari keluarga. Kalaupun ada, Anda akan tetap diterima menjadi bagian keluarga.

Berbeda ketika Anda di luar keluarga. Anda harus benar-benar menjaga sikap Anda agar bisa diterima secara sosial. Maka Anda memunculkan sikap yang baik,ramah dsb agar tidak terjadi penolakan secara sosial. Karena Anda sadar betul jika sikap Anda salah, maka Anda akan mendapat sanksi sosial seperti dijauhi, dibenci bahkan mungkin dikucilkan. Hal itu membuat Anda tidak akan dan tidak nyaman. Oleh karenanya menjadi masuk akal, Anda berusaha tampil baik di luar rumah namun sebaliknya ketika di rumah.

Saran saya, cobalah Anda untuk bersikap yang sama di mana aja. Ketika di rumah, cobalah Anda bersikap seperti Anda sedang di luar rumah tadi. Hasilnya pasti akan positif. Anak dan istri Anda pasti suka dan rumah Anda menjadi nyaman. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti ga bisa. Cobalah untuk berlatih dengan niat membahagiakan keluarga.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan.  Mudah-mudahan Anda dikisahkan untuk mengusahakannya. Mohon maaf atas kekurangan yang ada.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr.Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi