Bagaimana Menjadi Millenial dengan Positive Vibes?

 
Bagaimana Menjadi Millenial dengan Positive Vibes?

Assalamu’alaikum Mbak Nur.
Kenalin mbak, saya Kesya, umur saya 18 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mendengar tentang positive vibes yang sering dikait-kaitkan dengan generasi millennial. Apa yang dimaksud dengan hal tersebut ? Mohon penjelasannya.
Terima kasih atas penjelasannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Kesya di Tulungagung

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam Kesya.
Salam kenal juga ya. Generasi millennial itu merupakan generasi orang-orang yang dilahirkan pada tahun 1980 – 1990, awal tahun 2000 dan seterusnya. Jadi generasi millennial saat ini berada di kisaran umur 18 – 35an tahun. Lalu, apa sih itu positive vibes ?

Apa bedanya dengan positive thinking ? Positive Vibes itu memiliki makna yang lebih luas dari sekedar berpikir positif atau positive thinking. Positive Vibes berarti think positive (berpikir positif), stay positive (tetap bersikap positif), dan spread positive (memberikan energi positif). Jadi orang dengan positive vibes akan berpikir dan bersikap yang positif, selain itu menularkan energi positif kepada teman atau orang di sekitarnya.

Ciri-ciri orang dengan positive vibes itu selalu belajar dari pengalaman, bertanggung jawab, bisa bangkit dari kegagalan, menghargai orang lain, mampu beradaptasi dengan perubahan, berorientasi masa depan dan mampu move on. Adakah ciri-ciri di atas terdapat pada dirimu ? Yuk introspeksi diri.
"Pemisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap." (H.R Bukhari dan Muslim).

Mbak Nur setuju dengan pendapat di atas, teman yang baik dan positif akan memberikan energi yang positif juga. Beberapa tips berikut bisa kau terapkan agar bisa menularkan energi positif :
1.    Lakukan afirmasi positif setiap pagi. Misalnya, saya sehat, saya berpikir positif, saya bermanfaat.
2.    Terapkan 3 S (Senyum Salam Sapa)
3.    Bersyukur
4.    Lakukan perbuatan baik setiap harinya, misalnya membuang sampah atau menyingkirkan batu di jalanan, membantu teman, bersedekah, traktir makan apabila sedang memiliki kelebihan rezeki.
5.    Memberikan respek pada orang lain.
6.    Ingat dan selalu terapkan tiga kata ajaib, “tolong, terima kasih, dan maaf”

Menerapkan tips-tips di atas dapat menanamkan perasaan positif pada diri kita, orang yang menerima kebaikan kita pun akan merasakan energi positif. Kebaikan dan sikap positifmu akan menular dengan sendirinya.

Semoga bermanfaat. Semangat yaaa.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun