Kisah Ibu yang Kaget karena Tagihan Game Online Anaknya Capai Rp.11 Juta

 
Kisah Ibu yang Kaget karena Tagihan Game Online Anaknya Capai Rp.11 Juta

LADUNI.ID, Jakarta - Berita ini berawal dari cerita seorang ibu yang terkaget-kaget melihat tagihan game online anaknya viral di media sosial. Tak tanggung-tanggung, tagihannya mencapai Rp 11 juta!

Ririn, seorang ibu asal Kediri, Jawa Timur, menceritakan hal tersebut pada tanggal 5 April 2019. Cerita di Facebook itu lalu ramai dibagikan hingga lebih dari 2.800 kali. Cerita Ririn juga diunggah ulang di Twitter oleh netizen lain hingga mendapat 5.600 retweet.

Ririn kemudian mengizinkan ceritanya ini dipublikasikan. Dia berharap pengalaman yang dialaminya bisa jadi pelajaran untuk orang tua.

"Nggak berlebihan rasanya jika saya mengingatkan orang tua untuk benar-benar melek HP," demikian Ririn membuka ceritanya di Facebook.

Cerita ini berawal saat Ririn kaget melihat tagihan telepon pascabayar yang tembus sekitar Rp 6,1 juta. Setelah melakukan penelusuran bersama suaminya, ternyata e-mail sang suami tidak terkoneksi ke HP. Begitu dikoneksikan, muncul notifikasi tanda terima pembelian diamond di 3 game online, yaitu Free Fire, Mobile Legends, dan Minecraft.

Di game tersebut, pemain yang ingin naik level tertentu membutuhkan diamond. Diamond itu bisa dibeli dengan pulsa atau pembelian melalui minimarket.

"Pernah sekali, anak saya nanya password e-mail ayahnya, dan saya bilang saya lupa, karena saya yang buat e-mail. Tapi ternyata dia bisa mengubah password e-mail dan login ke Google Play, serta menyertakan nomor HP sebagai tagihan pembayarannya," kisah Ririn.

"Keteledoran saya memang, biasanya semua e-mail saya jadikan 1 di HP saya, jadi saya juga bisa kontrol HP yang lain yang login menggunakan e-mail tersebut, tapi karena saya merasa aman, jadi e-mail suami tidak saya tambahkan di HP saya, jadi saya juga melewatkan notifikasi penting," sambungnya.

Ternyata balada tagihan game online tidak berhenti di situ. Ririn kemudian berhasil membatalkan pesanan senilai Rp 1,1 juta. Tapi, ketika meminta rincian transaksi dari provider, Ririn makin kaget. Ternyata, belum semua transaksi terhitung.

"Jika dihitung semua Rp 11.548.829. Rasanya ingin umroh aja