Habib Luthfi Bin Yahya Didaulat Menjadi Pimpinan Forum Ulama Sufi Seluruh Dunia

Habib Luthfi Bin Yahya Didaulat Menjadi Pimpinan Forum Ulama Sufi Seluruh Dunia

LADUNI.ID, Jakarta - Sepanjang ini thariqah di Indonesia menjadi percontohan di dunia dalam hal persatuan dan kesatuan. Di luar negeri kecemburuan sosial sangat mencolok. Tapi yang mulai dirintis Kiai Mushlih Mranggen dan sesepuh terdahulu melalui JATMAN bisa mempersatukan 40 lebih thariqah mu’tabarah. Padahal satu thariqah saja mempunyai banyak cabang. Jika ditotal jumlah thariqah seluruh dunia mencapai 300 cabang thariqah.

Habib Luthfi Bin Yahya mengatakan bahwa dirinya diminta untuk mempersatukan jam’iyah thariqah di seluruh dunia. Maka beliau pun selalu memuwasyarahkannya dengan para ulama dari luar negeri, baik saat konferensi pertama bulan Januari dan kedua bulan Juli, keduanya tahun 2016. Diperkuat saat Muktamar JATMAN beberapa waktu yang lalu.

Hampir setiap kali Habib Luthfi Bin Yahya berjumpa dan dikunjungi ulama-ulama thariqah dari luar negeri selalu diminta untuk memimpin thariqah seluruh dunia.

Bahkan dengan tegas di hadapan ratusan ribu hadirin saat Maulid Akbar Kanzus Sholawat 2016, Syaikh Umar Hadhrah dari Sudan menyatakan, “Habib Luthfi Bin Yahya adalah Rais Aam thariqah seluruh dunia!”

Dan sejarah terulang kembali. Maulana Habib Luthfi Bin Yahya ditunjuk sebagai ketua Majlis Ta'sis Muntada Sufi Alami (Forum Ulama Sufi Dunia). Habib Luthfi diberikan amanah oleh ulama-ulama sufi dunia setelah terbentuk organisasi sufi internasional dalam sidang pengukuhan konferensi ulama sufi malam tadi, 09 April 2019, yang dipimpin oleh Syaikh Adnan al-Afyuni di Hotel Santika Pekalongan.

Turut terharu dan bangga, Indonesia kini menjadi pusat ulama sufi dunia. Alhamdulillah. Semoga berkah untuk semua terkhusus Indonesia. Amin