Mobil Pedesaan Akan Dijual Rp 70 Juta

Mobil Pedesaan Akan Dijual Rp 70 Juta

LADUNI.ID, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah gencar mendorong kemandirian nasional, salah satunya dalam mengembangkan kendaraan pedesaan atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau disebut mobil pedesaan agar kompetitif di pasar nasional.

Kendaraan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan ini, rencananya mulai dipasarkan pada bln ini, April 2019.

Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan, Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, kendaraan pedesaan ini akan dibanderol sebesar Rp 70 juta. Harga tersebut dipatok lantaran seluruh komponen yang digunakan AMMDes ini memiliki spesifikasi tinggi.

"Kita ingin bawa kendaraan ini terjangkau dan murah. Kita kembangkan baru off the road Rp 70 juta," papar Putu di Bogor, Jumat (12/4/2019).

Dia menuturkan, harga yang ditawarkan tersebut juga sesuai karena dilengkapi dengan teknologi engine power take off (PTO), sehingga tidak mudah slip saat beradapan dengan medan licin. Apalagi seluruh komponen kendaraan ini juga sebagian besar menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Kita tidak mau menurunkan spesifikasi karena AMMDes akan bekerja keras di jalan yang ekstrim. Dari sistem saja, itu semua sudah bagus. Kemudian dari aspek kesalamatan, kemananan dan kenyamanan (sudah diuji)," jelasnya.

Namun, untuk kecepatan maksimum mobil pedesaanini dibatasi aspek keselamatan. Penggunaan maksimal hanya mencapai 55 kilometer per jam.

"Kenapa dibatasi? karena bapak kalau dijalan minim infrastruktur cepet-cepet itu bukan kendaraan rusak tapi justru kitanya," tegasnya.