Hoax: Hasil Perhitungan Suara Pemilu di Luar Negeri 2019 sebelum 17 April 2019

Hoax: Hasil Perhitungan Suara Pemilu di Luar Negeri 2019 sebelum 17 April 2019

LADUNI.ID, Jakarta - Sebuah unggahan berisi hasil perhitungan suara Pemilu 2019 di luar negeri yang tersebar luas melalui jejaring Facebook dan pesan berantai WhatsApp yang pertama kali dibagiakn oleh akun Arya Chandra Natagera

Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa sejumlah negara yang telah mengeluarkan persentase hasil perhitungan suara di Pemilihan Presiden 2019 dengan mencantumkan hasil perhitungan suara pada sepuluh negara berbeda. Hasil perhitungan di negara-negara tersebut menunjukkan kemenangan pasangan capres cawapres nomor 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Beberapa nama negara yang dituliskan telah melakukan perhitungan suara dalam informasi tersebut adalah Saudi Arabia, Yaman, Belgia, Jerman, UEA, USA, Ukraina, Papua Nugini, Taiwan, Hongkong dan korea Selatan.

PEMERIKSAAAN FAKTA
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Asy'ari menjelaskan, penyelenggaraan pemungutan suara Pemilu 2019 di luar negeri dilaksanakan sebagaimana jadwal dalam SK KPU No 644/2019 yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019.

Hasyim menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk kegiatan pemungutan suara di luar negeri dilaksanakan dengan tiga metode. Tiga metode memilih tersebut, yaitu di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang berada di kantor perwakilan RI (KBRI/KJRI/KDEI); memilih dengan Kotak Suara Keliling (KSK) yang bertempat di dekat pemukiman atau tempat kerja WNI; dan metode pos.

dilansir dari Tempo “Kegiatan penghitungan suara pemilu di LN dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat,” kata dia

Meskipun penyelenggaraan pemungutan suara di luar negeri dilakukan terlebih dahulu, namun, hasil penghitungan perolehan suara pemilu luar negeri yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

Sedangkan pada Rabu ini, pemungutan suara dilaksanakan di Thailand yakni di Bangkok dan Songkhla. KPU menyebutkan selain jadwal tersebut, kegiatan pemilu di luar negeri belum dilaksanakan.

WNI di Thailand memberikan suara mereka dalam pemilu yang diadakan hari ini, Rabu, 10 April 2019.
Menurut Dodo Sudradjat sebagai Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya atau Pensosbud KBRI Bangkok, pencoblosan kertas suara pemilu di PPLN Bangkok diselenggarakan di 2 TPS di gedung Olah Raga KBRI Bangkok mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore waktu Bangkok.

Jumlah dafar pemilih tetap di Thailand sebanyak 1526 pemilih untuk pemilu 2019. Yang tercatat untuk melakukan pemilihan di dua TPS di KBRI Bangkok sebanyak 1.000 pemilih, melalui pos sebanyak 512 pemilih, dan melalui kotak suara keliling (untuk 6 penjara dan 1 rumah sakit) sebanyak 18 pemilih.

KESIMPULAN
Berdasarkan semua bukti yang ada, informasi yang disebarkan akun Arya Chandra Natanagara tidak akurat.