Dalil Nishfu Syaban: Keshahihan Hadis Malam Nishfu Syaban

Dalil Nishfu Syaban: Keshahihan Hadis Malam Nishfu Syaban

Hadis Pertama
عَنْ مُعَاذِ بن جَبَلٍ عَنِ النبِىِّ ِ قَالَ يَطّلِعُ اللهُ عَزّ وَجَلّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلِاّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ (رواه الطبراني فِ الكبير والْوسط قال الُيثمى ورجالُما ثقات. ورواه الدارقطنى وابنا ماجه وحبان فِ صحيحه عن ابِى
موسى وابن ابِ شيبة وعبد الرزاق عن كثير بن مرة والبزار(

Dari Mu’adz bin Jabal, “Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah lmemperhatikan hambanya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Sya’ban, kemudian Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyahin (orang munafik yang menebar kebencian antar sesama umat Islam)”. (HR Thabrani fi Al Kabir no 16639, Daruquthni fi Al Nuzul 68, Ibnu Majah no 1380, Ibnu Hibban no 5757, Ibnu Abi Syaibah no 150, Al Baihaqi fi Syu’ab al Iman no 6352, dan Al Bazzar fi Al Musnad 2389. Peneliti hadis Al Haitsami menilai para perawi hadis ini sebagai orang-orang yang terpercaya. Majma’ Al Zawaid 3/395)

Ulama Wahabi, Syekh Nashiruddin al-Albani yang biasanya menilai lemah (dlaif) atau palsu (maudlu') terhadap amaliyah yang tak sesuai dengan ajaran mereka, kali ini ia tak mampu menilai dlaif hadis tentang Nishfu Sya'ban, bahkan ia berkata tentang riwayat diatas: "Hadis ini sahih" (Baca as-Silsilat ash-Shahihah 4/86)

قَالَ الْلأ لْبَانِي فِىِ " السِّلْسِلَةِ الصحِيْحَةِ " 3 / 135 : حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ ، رُوِيَ عَنْ جُمَاعَةٍ مِنَ الصحَابَةِ مِنْ طُرُقٍ مُخُتَلِفَةٍ يَشُد بعَضُهَا بعَضًا وَهُمْ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ وَأَبوُ ثعَلَبَةَ الْخُشَني وَعَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو وَأَبوْ مُوْسَى اْلأَشْعَرِي وَأَبوُ هُرَيْرَةَ وَأَبوُ بَكْرِ الصِّدِّيْقُ وَعَوْفُ بْنُ مَالِكٍ وَعَائِشَة

Albani berkata: “Ini adalah HADIS SAHIH. Diriwayatkan dari banyak sahabat dengan jalur riwayat yang berbeda-beda, yang saling menguatkan. Mereka adalah Muadz bin Jabal, Abu Tsa’labah al-Khusyani, Abdullah bin Amr, Abu Musa al-Asy’ari, Abu Hurairah, Abu Bakar ash-Shiddiq, Auf bin Malik dan Aisyah” (as-Silsilah ash-Shahihah 3/135)

Hadis Kedua
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ اِنّ اللهَ تَ عَالىَ يَدْنوُ مِنْ خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لِمَنِ اسْتَغْفَرَ إِلّا الْبَغي بِفَرْجِهَا وَالْعَشارَ (رواه الطبراني فِ الكبير وابن عدي عن عثمان بن أبِ العاص وقال الشيخ المناوي ورجاله ثقات اه التيسير بشرح الِامع الصغير 1 / 551 )

"Rasulullah bersabda: Sesungguhnya (rahmat) Allah lmendekat kepada hambanya (di malam Nishfu Sya'ban), maka mengampuni orang yang meminta ampunan, kecuali pelacur dan penarik pajak" (HR al-Thabrani dalam al-Kabir dan Ibnu 'Adi dari Utsman bin Abi al-'Ash. Syaikh al-Munawi berkata: Perawinya terpercaya. Baca Syarah al-Jami' ash-Shaghir 1/551)

Hadis Ketiga
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ينَزِلُ اللهُ تَعَالَىَ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِكُلِّ نفَسٍ إِلاّ إِنْسَانا فِىِ قَلْبِهِ شَحْنَاءُ أَوْ مُشْرِكًا بِاِللهِ عَزّ وَجَلّ )قال الحافظ ابن حجر هذا حديث حسن أخرجه الدارقطنِى فِى كتاب السنة عن عبد الله بن سليمان على الموافقة وأخرجه ابن خزيمة فِى كتاب التوحيد عن أحمد بن عبد الرحمن بن وهب عن عمه اه الْمالي 122 )

Artinya “Rasulullah bersabda: (Rahmat) Allah lturun di malam Nishfu Sya’ban maka Allah akan mengampuni semua orang kecuali orang yang di dalam hatinya ada kebencian kepada saudaranya dan orang yang menyekutukan Allah " (al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: "Hadis ini hasan. Diriwayatkan oleh Daruquthni dalam as-Sunnah dan Ibnu Khuzaimah dalam at-Tauhid, Baca al-Amali 122)

al-Hafidz Ibnu Hajar juga meriwayatkan hadis yang hampir senada dari Katsir bin Murrah:

عَنْ كَثِيْرِ بْنِ مُرّةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ إِنّ رَبّكُمْ يَطّلِعُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِلَىَ خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لُهَمُ كُلِّهِمْ إِلاّ أَنْ يَكُوْنَ مُشْرِكًا أَوْ مُصَارِمًا (المطالب العالية للحافظ ابن حجر العسقلاني 3 /424

Dari Katsir bin Murrah bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Tuhan kalian melihat di malam Nishfu Sya’ban kepada hamban-Nya, maka Ia memberi ampunan kepada mereka semuanya kecuali orang yang menyekutukan Allah ldan memutus kekerabatan” (Al-Mathalib Al-Aliyah 3/242)

Hadis-hadis Nishfu Sya’ban Dalam Kitab Wahabi
Tidak mungkin bagi sebagian sahabat dan Tabiin yang mengetahui keutamaan malam Nishfu Sya’ban tanpa didasari hadis-hadis sahih dari Rasulullah tentang keutamaan Nishfu Sya’ban, terlebih jika Wahabi membesar-besarkan amalan ini dari Israiliyat. Ini terbukti dengan banyaknya riwayat hadis sahih tentang malam tersebut, bahkan yang menilai sahih / hasan justru datang dari ulama Wahabi, Syaikh Albani:

صحيح وضعيف ااجامع الصغير )ج - 2 / ص 273 )

   773 إِذَاكَانَ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ اطّلَعَ اللهُ إِلَىَ خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَيُمْلِي لِلْكَافِرِيْنَ وَيَدَعُ أَهْلَ الحِقْدِ بِحِقْدِهِمْ حَتَّى يَدَعُوْهُ . تخريج السيوطي (هب) عن أبِى ثعلبة الْحشنِى . تحقيق الألباني ) حسن ( انظر حديث رقم : 771 فِى صحيح اجامع .

“(Hadis) Jika ada malam pertengahan dari bulan Sya’ban, maka Allah lmemperhatikan makhluk-Nya dengan penuh rahmat. Allah lakan mengampuni orang yang beriman, menangguhkan orang kafir dan meninggalkan orang yang iri dengan sifat iri hatinya hingga mereka meninggalkannya”. As-Suyuthi berkata: “HR al-Baihaqi dari Abu Tsa’labah al-Khusyani”. TAHQIQ AL-ALBANI “HASAN”

صحيح وضعيف اجامع الصغير )ج - 7 / ص 147 )
2700إِنّ اللهَ تعَالَىَ لَيَطّلِعُ فِىِ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِخَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاّ  -
لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ . تخريج السيوطي ( ه) عن أبِى موسى . تحقيق الألباني ) حسن
( انظر حديث رقم : 1819 فِ صحيح الجامع .

“(Hadis) Sesungguhnya Allah lmemperhatikan makhluk-Nya dengan penuh rahmat di malam Nishfu Sya’ban. Maka Allah lakan mengampuni semua hamba-Nya, kecuali orang musyrik dan yang memiliki kebencian (permusuhan)”. As-Suyuthi berkata: “HR Ibnu Majah dari Abu Musa”. TAHQIQ AL-ALBANI “HASAN”

صحيح وضعيف اجلِامع الصغير )ج - 7 / ص 226 )
2779 إِنّ اللهَ يَطّلِعُ عَلَى عِبَادِهِ فِىِ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِلْمُؤْمِنِيْنْ وَيُمْلِي -
لِلْكَافِرِيْنَ وَيَدَعُ أَهْلَ الحِقْدِ بِقْدِهِمْ حَتَّى يَدَعُوْهُ . تخريج السيوطي (طب) عن أبِى
ثعلبة . تحقيق الألباني (حسن) انظر حديث رقم : 1898 فِى صحيح الجِامع .

“(Hadis) Sesungguhnya Allah lmemperhatikan hamba-hamba-Nya dengan penuh rahmat di malam Nishfu Sya’ban. Allah lakan mengampuni orang yang beriman, menangguhkan orang kafir dan meninggalkan orang yang iri dengan sifat iri hatinya hingga mereka meninggalkannya”. As-Suyuthi berkata: “HR al-Thabrani dari Abu Tsa’labah al-Khusyani”. TAHQIQ AL-ALBANI “HASAN”

صحيح وضعيف الِجامع الصغير )ج - 16 / ص 364 )
7717 فىِ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ يغَفِرُ اللهُ لأَهْلِ الأَرْضِ إِلأ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ . -
تخريج السيوطي (هب) عن كثير بن مرة الحضرمي مرسلا . تحقيق الألباني ) صحيح
( انظر حديث رقم : 4268 فِ صحيح الِجامع .

“(Hadis) Pada malam pertengahan dari bulan Sya’ban, Allah lakan mengampuni penduduk bumi, kecuali orang musyrik dan orang yang memiliki kebencian (permusuhan)”. As-Suyuthi berkata: “HR al-Baihaqi

dari Abu Katsir bin Murrah al-Hadlrami, secara mursal”. TAHQIQ AL-ALBANI “SAHIH”
Pernyataan lain dari Syaikh al-Albani dapat dilihat di kitab-kitab berikut:

- صحيح الترغيب والترهيب )ج - 1 / ص 248 )
1026  حَسَنٌ صَحِيْحٌ ) وعن معاذ بن جبل رضي الله عنه عن النبِى صلى الله
عليه وسلم قال يطلع الله إلَى جُيع خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لِجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن (رواه الطبراني وابن حبان فِ صحيحه)

- صحيح الترغيب والترهيب )ج - 3 / ص 34 )
2770 (صَحِيْحٌ لِغَيْرِه ( وعن مكحول عن كثير بن مرة عن النبِى صلى الله عليه -وسلم قال فِى ليلة النصف من شعبان يغفر الله عز وجل لأهل الْرض إلا مشرك أو مشاحن (رواه البيهقي وقال هذا مرسل جيد(

- صحيح الترغيب والترهيب )ج - 3 / ص 34 )
2771 ) صَحِيْحٌ لِغَيْره ( قال الحافظ ورواه الطبراني والبيهقي أيضا عن مكحول عن -
أبىِ ثعلبة رضي الله عنه أن النبِى صلى الله عليه وسلم قال يطلع الله إلَى عباده ليلة
النصف من شعبان فيغفر للمؤمنيْ ويمهل الكافرين ويدع أهل الحقد بِجقدهم حتَّى
يدعوه )قال البيهقي وهو أيضا بيْ مكحول وأبِى ثعلبة مرسل جيد قال الحافظ ويَتي
فِى بِاب الحسد حديث أنس الطويل إن شاء الله تعالَى(

Kesimpulan Hadis-hadis Nishfu Sya’ban
فَهَذِهِ اْلأَحَادِيثُ بِمَجْمُوعِهَا حُجّةٌ عَلَى مَنْ زَعَمَ أَنّهُ لَمَ يثَبُتْ فِىِ فَضِيْلَةِ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ
شَعْبَانَ شَيْءٌ وَاللهُ تَعَالَىَ أَعْلَمُ . تحفة الأحوذي شرح سنن الترمذي ج 2 ص 277

“Hadits-hadits di atas secara keseluruhan merupakan sebuah hujjah yang membantah anggapan sebagian ulama yang berpendapat bahwa tidak ada satupun dalil kuat yang menjelaskan tentang keutamaan malam nishfu Sya’ban”. (Syekh Al-Mubarkfuri, Tuhfah al-Ahwadzi Syarh Sunan al-Tirmidzi, II/277)

Sumber dari Buku Digital “Mana Dalil Malam Nishfu Syaban?” Karya Ustadz Ma’ruf Khozin yang diterbitkan LTN PBNU.