Dalil Nishfu Syaban: Menurut Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Dalil Nishfu Syaban: Menurut Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Khalifah Umar bin Abdul Aziz
وَرَوَى الْخَطِيبُ فِىِ غُنْيَةِ الْمُلْتَمِسِ بِإِسْنَادٍ إلَىَ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ أَنههُ كَتَبَ إلَىَ عَدِيِّ بْنِأَرْطَاةَ : " عَلَيْك بِأَرْبَعِ لَيَالٍ فِىِ السّنَةِ ، فَإِنّ اللَّهَ يفُرِغُ فِيهِنّ الرحمَةَ : أَوّلُ لَيْلَةٍ مِنْرَجَبٍ ، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ ، وَلَيْلَةُ النّحْرِ " . )التلخيص الحبير فِى تخريج أحاديث الرافعي الكبير ج - 2 / ص 265 )

“Khatib al-Baghdadi meriwayatkan dalam kitab Ghunyat al-Multamis dari Umar bin Abdul Aziz, bahwa beliau menulis surat kepada Adi bin Arthah: “Jangan tinggalkan 4 malam dalam setahun, sebab Allah mencurahkan rahmat di malam itu, malam awal Rajab, malam Nishfu Sya’ban, malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha” (al-Hafidz Ibnu Hajar, Talkhish al-Habir)

Imam asy-Syafi'I (150-204 H / 767-820 M)
قَالَ الْبَيْهَقِي قَالَ الشافِعِي وَبلَغَنَا أَنّهُ كَانَ يقُالُ إِنّ الىدعَاءَ يُسْتَجَابُ فِىِ خَمْسِ لَيَالٍ فِىِ لَيْلَةِ الِحُمْعَةِ وَلَيْلَةِ اْلْضْحَى وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ وَأَّولِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْ بَانَ )أخرجه البيهقي فِى السنن الكبرى رقم 6087 وفِى معرفة السنن والْثار رقم 1958
وذكره الحافظ ابن حجر فِى تلخيص الحبير رقم 675 )

Ahli hadis al-Baihaqi mengutip dari Imam Syafi'i: " Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal malam bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, dua malam hari raya dan malam Jumat" (as-Sunan al-Kubra No 6087, Ma'rifat as-Sunan wa al-Atsar No 1958, dan dikutip oleh al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Talkhis al-Habir No 675)

Ulama Syafi'iyah
قَالَ الشافِعِي وَاَنَا اَسْتَحِبّ كُلّ مَا حُكِيَتْ فِىِ هَذِهِ الليَالِي مِنْ غَيْرِ اَنْ تَكُوْنَ فَرْضًا هَذَا آخِرُ كَلاَمِ الشافِعِي وَاسْتَحَب الشافِعِي وَاْلاَصْحَابُ اْلاِحْيَاءَ الْمَذْكُوْرَ )المجموع للنووي
5 / 43 )
"asy-Syafii berkata: Saya menganjurkan semua yang diriwayatkan tentang ibadah di malam-malam tersebut (termasuk malam Nishfu Sya'ban), tanpa menjadikannya sebagai sesuatu yang wajib. asy-Syafii dan ulama Syafi'iyah menganjurkan ibadah dengan cara yang telah disebutkan" (Imam an-Nawawi dalam al-Majmu' 5/43)

Ahli Hadis al-Hafidz al-Iraqi (725-806 H / 1325-1404 M)
قَالَ الزّيْنُ الْعِرَاقِي مَزِيّةُ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ مَعَ أَنّ اللهَ تَعَالَىَ ينَزِلُ كُل لَيْلَةٍ أَنّهُ ذكُرَ مَعَ النّزُوْلِ فِيْهَا وَصْفٌ آخَرُ لَمْ يُذْكَرْ فِىِ نزُوْلِ كُلِّ لَيْلَةٍ وَهُوَ قَوْلُهُ فَيَغْفِرُ لأَكْثَرَ مِنْ عَدَ دِ شَعْرِ غَنَمِ كَلْبٍ وَلَيْسَ ذَا فِىِ نزُوْلِ كُلِّ لَيْلَةٍ وَلأنّ النّزُوْلَ فِىِ كُلِّ لَيْلَةٍ مُؤَقهتٌ بِشَرْطِ اللهيْلِ أَوْ ثلُثِهِ وَفِيْهَا مِنَ الْغُرُوْبِ )فيض القدير للمناوي 2 / 402 )

"Zainuddin al-Iraqi berkata: Keistimewaan malam Nishfu Sya'ban dimana setiap malam (rahmat) Allah lturun ke langit terendah, adalah karena memiliki karakteristik tersendiri yang tidak ada dalam setiap malam, yaitu 'Allah lakan memberi ampunan'. Juga karena di setiap malam ditentukan waktunya setelah lewat tengah malam atau sepertiga akhir, sementara dalam Nishfu Sya'ban dimulai setelah terbenam matahari" (Faidl al-Qadir, Syaikh al-Munawi, 2/402)

Syaikh Ibnu Hajar al-Haitami (909-973 H / 1504-1567 M)
وَالحَاصِلُ أَنّ لِهُذَهِ اللّيْلَةِ فَضْلاً وَأَنّهُ يقَعُ فِيْهَا مَغْفِرَةٌ مَحُصُوْصَةٌ وَاسْتِجَابَةٌ مَحُصُوْصَةٌ وَمِنْ ثَم قَالَ الشافِعِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ إنّ الدّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِيْهَا )الفتاوى الفقهية الكبرى لابن حجر الُيتمي 2 / 80 )

"Kesimpulannya, bahwa Malam Nishfu Sya'ban ini memiliki keutamaan. Di dalamnya terdapat ampunan khusus dan terkabulnya doa secara khusus. Oleh karenanya as-Syafi'i berkata: Doa dikabulkan di Malam Nishfu Sya'ban" (Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyyah 2/80)

Syaikh Ibnu Taimiyah (661-728 H / 1263-1328 M. Ideolog Utama aliran Wahabi)
وَمِنْ هَذَا الْبَابِ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقَدْ رُوِىَ فِىِ فَضْلِهَا مِنَ اْلأَحَادِيْثِ الْمَرْفُوْعَةِ وَاْلأ ثاَرِ مَا يقَتَضِي أَنهَا لَيْلَةٌ مُفَضلَةٌ وَأَنّ مِنَ السلَفِ مَنْ كَانَ يَحَصّهَا بِا لصلاَةِ فِيْهَا وَصَوْمُ شَهْرِ شَعْبَانَ قَدْ جَاءَتْ فِيْهِ أَحَادِيْثُ صَحِيْحَةٌ وَمِنَ الْعُلَمَاءِ مِنَ السلَفِ مِنْ أَهْلِ الْمَدِيْ نَةِ وَغَيْرِهِمْ مِنَ الْحَلَفِ مَنْ أ نْكَرَ فَضْلَهَا وَطَعَنَ فِى اْلأَحَادِيْثِ الْوَارِدَةِ فِيْهَا كَحَدِيْثِ إِنّ اللهَ يغَفِرُ فِيْهَاِ لأَكْثَ رَ مِنْ عَدَدِ شَعْرِ غَنَمِ بَنِيِ كَلْبٍ وَقَالَ لا فَرْقَ بيَنَهَا وَبيْنْ غَيْرِهَا لَكِنِ الّذِي عَلَيْهِ كَثِيْرٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَوْ أَكْثَرُهُمْ مِنْ أَصْحَابِنَا وَغَيْرِهِمْ عَلَى تَفْضِيْلِهَا وَعَلَيْهِ يَدُل نَصّ أَحمَدَ لِتَعَدّدِ اْلأحَادِيْثِ الْوَارِدَةِ فِيْهَا وَمَا يُصَدِّقُ ذَلِكَ مِنَ اْ لاثاَرِ السلَفِيهةِ وَقَدْ رُوِىَ بعَضُ فَضَائِلِهَا فِىِ الْمَسَانيْدِ وَالسّنَنِ وَإِنْ كَانَ قَدْ وُضِعَ فِيْهَا أَشْيَاءٌ أُخَرُ )اقتضاء الصراط 302 )

"Keutamaan malam Nishfu Sya'ban diriwayatkan dari hadis-hadis marfu' dan atsar (amaliyah sahabat dan tabi'in), yang menunjukkan bahwa malam tersebut memang utama. Dan sebagian ulama Salaf ada yang secara khusus melakukan salat sunah (mutlak) di malam tersebut … Kebanyakan ulama atau kebanyakan ulama dari kalangan kami mengatakan keutamaan malam Nishfu Sya'ban. Ini sesuai dengan penjelasan Imam Ahmad karena banyaknya hadis yang menjelaskan tentang malam Nishfu Sya'ban dan yang mendukungnya dari riwayat ulama Salaf. Sebab riwayat Malam Nishfu Sya'ban terdapat dalam kitab-kitab Musnad dan Sunan, meskipun di dalamnya juga ada sebagian hadis-hadis palsu" (Iqtidla' ash-Shirat al-Mustaqim 302)

وَسُئِلَ عَنْ صَلاَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ ؟ (الِجْوَابُ)  فَأَجَابَ: إذَا صَلّى اْلإِنْسَانُ لَيْلَةَ النِّصْفِ وَحْدَهُ أَوْ فِىِ جُمَاعَةٍ خَاصّةٍ كَمَا كَانَ يفَعَلُ طَوَائِفُ مِنْ السّلَفِ فَ هُوَ أَحْسَنُ. وَأَمّا اْلاِجْتِمَاعُ فِىِ الْمَسَاجِدِ عَلَى صَلاَةٍ مُقَدّرَةٍ كَاْلاجْتِمَاعِ عَلَى مِائَةِ رَكْعَةٍ بِقِرَاءَةِ أَلْفٍ :(قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ) دَائِمًا. فَهَذَا بِدْعَةٌ لَمْ يَسْتَحِبّهَا أَحَدٌ مِنَ اْلأ ئِمّةِ. وَاللهُ أَعْلَمُ (مجموع فتاوى ابن تيمية ج 2 ص 469 )

“Ibnu Taimiyah ditanya soal shalat pada malam nishfu Sya’ban. Ia menjawab: Apabila seseorang shalat sunah muthlak pada malam nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah, sebagaimana dilakukan oleh segolongan ulama salaf, maka hukumnya adalah baik. Adapun kumpul-kumpul di masjid dengan shalat yang ditentukan, seperti salat seratus raka’at dengan membaca surat al Ikhlash sebanyak seribu kali, maka ini adalah perbuata bid’ah yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulama”. (Majmú' Fatáwá Ibnu Taymiyyah, II/469)

Syaikh al-Mubarakfuri (1361-1427 H / 1942-2006 M)
وَهَذِهِ اْلأَحَادِيْثُ كُلّهَا تَدُلّ عَلَى عَظِيْمِ خَطَرِ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ وَجَلاَلَةِ شَأْنها وَقَدْرِهَا وَأَنّهَا لَيْسَتْ كَاللّيَالِي اْلأُخَرِ فَلاَ ينَبَغِي أَنْ يغُفَلَ عَنْهَا بَلْ يُسْتَحَبّ إِحْيَاءُهَا بِاِلْعِبَادَةِ وَالدّعَاءِ وَالذِّكْرِ وَالْفِكْرِ )مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح 4 / 341 )

"Hadis-hadis ini secara keseluruhan menunjukkan keagungan Malam Nishfu Sya'ban, dan malam tersebut tidak sama dengan malam-malam yang lain. Dan dianjurkan untuk tidak melupakannya, bahkan dianjurkan untuk menghidupinya dengan ibadah, doa, dzikir dan tafakkur" (Syaikh al-Mubarakfuri dalam Syarah Misykat al-Mashabih 4/341)

 

Sumber dari Buku Digital “Mana Dalil Malam Nishfu Syaban?” Karya Ustadz Ma’ruf Khozin yang diterbitkan LTN PBNU