Planet Seukuran Bumi Tertangkap Teleskop NASA

 
Planet Seukuran Bumi Tertangkap Teleskop NASA

LADUNI.ID, Jakarta – Terbaru, NASA berhasil menemukan planet yang memiliki ukuran sama dengan Bumi. Hasil ini ditemukan berdasarkan teleskop pencari planet milik NASA. Teleskop yang disebut Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) ini pertama kalinya menemukan planet dengan karakteristik tersebut.

Dalam penemuan tersebut, planet ini terlihat mengelilingi bintang yang dinamai HD 21749 yang berjarak sekitar 53 tahun cahaya dari Bumi dengan permukaan berbatu.

"Sangat menggembirakan bahwa TESS, yang baru diluncurkan setahun yang lalu, sudah menjadi game-changer dalam bisnis perburuan planet," tutur peneliti Carnegie Institution for Science in Washington, D.C., Johana Teske, pada hari Rabu (17/4) kemarin.

Meski planet tersebut sama ukurannya dengan Bumi, planet yang dinamai HD 21749c tersebut memiliki potensi untuk dihuni yang sangat kecil. Planet tersebut memiliki orbit yang sangat sempit dengan bintangnya, dan bisa mengorbit bintangnya dalam 7,8 hari.

Berdasarkan hal itu, planet tersebut memiliki temperatur yang sangat tinggi yaitu sekitar 427 derajat Celcius. Bintangnya sendiri berukuran cukup besar, dengan massa sekitar 80% dibanding massa Matahari.

Meski baru mengudara satu tahun, TESS telah berhasil menemukan 10 planet yang ukurannya lebih kecil dari planet Neptunus.

Temua ini kemudian menjadi indikator yang positif bagi kemampuan TESS untuk menemukan planet kecil lainnya, bahkan yang berada di jarak ideal dengan bintangnya agar bisa mengandung air dan suhunya tidak terlalu panas.