Manfaat Luar Biasa Jika kita Mengkonsumsi Ikan Secara Rutin

 
Manfaat Luar Biasa Jika kita Mengkonsumsi Ikan Secara Rutin

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagai mana diketahui, ikan merupakan salah satu makanan yang lezat dan banyak mengandung protein hewani serta sejumlah nutrisi lainnya. Hal ini, tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita apabila mengkonsumsinya secara rutin.
Diantara berbagai macam  manfaat tersebut yaitu :

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan mampu membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, serta menyehatkan jantung. Sehingga bisa membuat kita terhindar dari penyakit kardiovaskular.

2. Melawan Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu masalah yang dapat dicegah dengan konsumsi ikan. Kandungan yang terdapat dalam ikan mampu mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kerongkongan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi ikan sebanyak dua kali seminggu bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini bisa terjadi karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan.

4. Menambah Nutrisi bagi tubuh

Konsumsi kepala ikan bisa menyimpan manfaat karena sejumlah nutrisi yang dimilikinya. Ikan bisa memenuhi kebutuhan tiroid dan yodium di dalam tubuh. Selain itu, kandungan gelatin di dalamnya juga baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Menyembuhkan Depresi

Disamping bermanfaat bagi kesehatan fisik, konsumsi ikan juga berguna bagi kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi ikan, memiliki risiko yang rendah untuk terserang depresi.