Melihat Lokasi Makam Ibunda Nabi Muhammad melalui Peta Digital

Melihat Lokasi Makam Ibunda Nabi Muhammad melalui Peta Digital

Para jamaah umroh dan haji yang berangkat ke Mekah sering kali bertanya, di manakah posisi makam ibunda Nabi Muhammad Rasulullah yang telah melahirkan manusia paling mulia tersebut. Pertanyaan ini sangat masuk akal dan menggelitik banyak jamaah, karena kedudukan ibu dalam ajaran Islam adalah sangat mulia, bahkan 3 kali lebih mulia dibandingkan kedudukan seorang bapak.

Pada tanggal 27 Agustus 2015, sejarawan Somalia, DR Hassan Sheikh Hussein Osman melakukan penelitian ke makam ibunda Nabi, yaitu Sayyidah Aminah di desa Abwa sekitar 230 km di Utra Mekah. Kawasan ditetapkan sebagai daerah terlarang untuk dikunjungi oleh pemerintah Saudi Arabia.

DR Hassan menuju lokasi dengan bantuan beberapa peziarah dari Pakistan dan Bangladesh yang mengetahui secara persis lokasi makam serta bagaimana dapat meloloskan diri dari usiran polisi Arab Saudi yang jelas-jelas melerang ziarah kubur.

Posisi makam ibunda Nabi Muhammad berada di desa Abwa yang berada di atas bukit, yaitu setelah melakukan pendakian beberapa bukit yang cukup terjal. Kondisi makam pada waktu itu telah dibuldoser, diratakan dengan tanah menggunakan alat berat yang tidak manusiawi, selanjutnya dilumuri dengan tumpahan oli dengan maksud mengaburkan kondisi makam tersebut. Masya Allah.

Lokasi makam ibunda Nabi Muhammad dapat dilihat melalui Google Map dengan posisi koordinat 23°0633N 39°0540E. Cara mengetahuinya sangat mudah, yaitu dengan hanya mengcopy koordinat tersebut dan mem-paste-kan koordinator tersebut di titik tujuan. Dalam mode 3 dimensi, nampak lokasi makam sangat tandus di tengah di atas bukit.

Melalui Google Map dapat diikuti url berikut.


Foto: Desa Abwa

 


Foto titik koordinator desa Abwa di Jazirah Arab dan sekitarnya.

 

Pada waktu itu rombongan DR Hassan segera membersihkan oli, menanamkan sejenis pohon kaktus, serta menuangkan minyak wangi dan segera membaca surat Yasin dan dzikir untuk mendoakan ibunda Nabi. Namun, dalam foto 3 dimensi Google Maps, ternyata tidak nampak pohon yang dimaksud, mungkin sepeninggal DR Hassan tersebut, tumbuhan tersebut kembali dicabut dan posisinya dikaburkan.


Foto titik koordinat di atas bukit.

 

Semoga kabar ini memberikan ghirah kepada kita semua yang mencintai Nabi Muhammad Rasulullah untuk mendoakan ibunda Rasulullah.

Catatan cara mengetahui lokasi makam ibunda Nabi Muhammad melalui Google Maps pada Android:

  1. Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Maps .
  2. Pada kotak pencarian di bagian atas, ketik koordinat Anda. Berikut ini contoh format yang berfungsi: Derajat, menit, dan detik (DMS): 23°0633N 39°0540E
  3. Anda akan melihat pin pada koordinat Anda.