Mengintip Persingan DARA Vs JAYA, Siapa Sang Juara?

 
Mengintip Persingan DARA Vs JAYA, Siapa Sang Juara?

 

LADUNI.ID, KOLOM- Salah satu daerah paling ujung di Kabupaten Pidie Jaya di huni oleh Ulee Glee dan Jangka Buya. Kecamatan Bandar Dua yan beribukotakan Ulee Gleetersebut telah mengalami pemekaran sehingga lahirlah Jangka Buya sebagi saudara mudanya.

Secara geografis dan kondisi kehidupan masyarakat masih "dikuasai" abang kandungnya Jangka Buya (Jaya) bahkan taraf pendidikan dan lainnya juga masih menjadi milik kakanda Bandar Dua (Dara).

Melihat fenomena kancah politik yang dilakoni kedua saudara kandung tersebut yang berada di dapil dua itu menarik. Melihat gampong dan jumlah penduduk seharusnya perebutan kursi parlemen menuju istana Cot Trieng Meureudu, sangat wajar porsinya dari enam kursi itu empat untuk sang DARA dan dua diperuntukan kepada adiknya JAYA.

Namun fenomena itu sesuai dengan pengalaman pemilu tahun yang lalu, porsinya tidak "seimbang". Bandar Dua dengan 45 gampong dan Jangka Buya 18 seharusnya Kakanda DARA layak menguasai kursi yang lebih. Namun apa indikatornya sehingga DARA "selalu" di gilas adindanya Jaya?

Tahun ini mungkin si DARA merumpok kursi dua boh dan selebehnya milik si JAYA, yang pasti DARA nyan jih hana rayeuk-rayeuk le," pinta Apa sambil menikmati secangkir kopi Espresso.

Apakah banyaknya cerdik pandai sehingga mau menang sendiri? Ataukah tidak adanya tokoh yang menokoh untuk menjadi "Jenderal"nya? Ataukah menyeu kana manok agam saboh tempat, hanjeut na manok agam lain bilkhusus manok agam yang bukan asoe lhok? atau lainnya.

Biarkan waktu yang akan menjawabnya, semoga kedua daerah tersebut lahirnya penghuni istana Cot Trieng yang mampu memberikan kontrubusi perubahan hari esok yang lebih baik.